Pencak Silat Competition, Wabup Sukabumi: Pencak Silat Warisan Budaya Leluhur

Wabup Sukabumi Iyos Somantri sedang memukul gong pada pembukaan Pencak Silat Competition di GOR Asrama Haji Cikembar, Jumat (9/9/2022).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri membuka kegiatan Pencak Silat Competition 2022 di GOR Asrama Haji Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (9/9/2022).

Kegiatan yang diawali dengan janji wasit dan penampilan Rampak Gendang dari Kecamatan Ciambar itu diikuti 1.000 peserta utusan dari paguronbpencak silat yang ada di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Pada kesempatan itu Wabup meminta agar kompetisi tersebut dijadikan sebagai momentun penting bagi pengurus beserta pelatih di masing-masing Sekolah dan Perguruan Pencak Silat untuk menggali potensi, pengalaman, mengasah mental dan kemampuan serta meningkatkan prestasi anak didiknya sekaligus sebagai ajang evaluasi pembinaan selama ini.

“Kompetisi juga harus memunculkan energi positif untuk mempererat persaudaraan antar pelajar antar dan antar perguruan demi terrwujudnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” ujar Iyos.

Menurut Wabup, pencak silat merupakan warisan dunia milik Indonesia yang telah diakui oleh Unesco. Karena itu, pencak silat adalah negara yang sangat berharga. “Kita harus mampu menjaga amanah agar aset pencak silat tetap menjadi milik Indonesia,” tegasnya.

Wabub berharap perhelatan tersebut menghasilkan pesilat yang bisa membawa harum Kabupaten Sukabumi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana, Gunawan, melaporkan Pencak Silat Competition 2022 dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Minggu, 9-11 September 2022 di GOR Islamic Centre Cikembar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan,” katanya.

Ujang S. Chandra