Bupati Cianjur: Tanpa Data yang Akurat Sulit Memetakan Arah Pembangunan

BPS Cianjur gelar Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengatakan, tanpa data yang akurat akan sulit memetakan arah pembangunan di Kabupaten Cianjur.

“Pendataan penduduk yang akurat, baik dan benar, akan mendukung arah pembangunan di Kabupaten Cianjur,” kata Bupati saat menghadiri Rapat Koordinasi tentang Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bertempat di Gino Peruchi, Jumat (23/9/2022).

Menurut Herman, menaikkan IPM dan menurunkan stunting sangat memerlukan catatan data yang bisa dipertanggung jawabkan ketepatannya.

Masih kata Bupati, untuk mempercepat serta menyukseskan pendataan penduduk BPS harus dibantu secara sungguh-sungguh. Jangan hanya pihak BPS saja yang bekerja, tapi Forkopimda, para pejabat teras, para Kepala Rumah Sakit, BUMD, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan RT/RW, harus ikut membantu BPS.

“Saya akan perintahkan Pak Sekda membuat surat edaran soal pendataan penduduk dari pejabat sampat RT/RW untuk membantu BPS,” ungkap Bupati.

Sementara, Kepala BPS Kabupaten Cianjur Dani Jaelani menyatakan, Rapat Koordinasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran yang terbuka tentang pendataan penduduk di Kabupaten Cianjur.

“Pelaksanaan dalam pengolahan dan pengumpulan data tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, namun harus saling koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya di Cianjur,” kata Kepala BPS Dani Jaelani kepada awak media.

Disebutkan Dani, pihaknya akan menurunkan 3.000 lebih petugas untuk melakukan pendataan penduduk tersebut.

“Pada 15 Oktober sampai 14 Nopember tahun ini, BPS akan melaksanakan pendataan penduduk di Cianjur. Saya sangat berharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan pendataan tersebut,” jelas Dani.

Rakor ini dihadiri oleh 100 orang lebih, terdiri dari 32 Camat, para Kepala Dinas/Instansi, kepala Rumah Sakit, BUMD, dan pihak terkait lainnya.

Dens