Ketua KPU Cianjur: Wartawan Mitra Penting KPU dalam Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024

Ketua KPU Cianjur Selly Nurdinah (tengah) saat membuka Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di The Jhons Aquatic Resort, Minggu (25/9/2022).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah mengajak para wartawan di Kabupaten Cianjur untuk ikut mengawal tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 melalui pemberitaan di medianya masing-masing, sehingga Pemilu dan Pilkada dapat terselenggara dengan aman, tertib dan sukses.

“Di 2024 ada dua kegiatan demokrasi besar, yakni Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan pemilihan presiden, serta Pilkada untuk memilih gubernur dan bupati/walikota,” ujar Selly saat membuka Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 kepada Wartawan/Jurnalis di Kabupaten Cianjur, di The Jhons Aquatic Resort Pasirtangkil, Babakankaret, Cianjur, Minggu (25/9/2022).

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 100 wartawan media cetak, televisi, radio dan online itu, hadir juga Wakil Ketua KPU Cianjur yang membidangi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan Pemilih, Rustiman, serta Ketua PWI Cianjur Ahmad Fikri dan Ketua IJTI Korda Cianjur Rendra Gazali.

Menurut Selly, untuk Pemilu 2024, tahapannya tahun ini sudah mulai dilaksanakan KPU setempat, yakni verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, yang hasilnya akan diumumkan pada 14 Desember mendatang.

Wakil Ketua KPU Cianjur Rustiman (tengah) didampingi Ketua PWI Cianjur Ahmad Fikri (kanan) dan Ketua IJTI Korda Cianjur Rendra Gazali (kiri) dalam kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di The Jhons Aquatic Resort, Minggu (25/9/2022).

Tahapan-tahapan Pemilu tersebut, kata Selly, tentunya harus diketahui dan dipahami masyarakat, khususnya warga Kabupaten Cianjur yang memiliki hak pilih, agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Dalam kaitan itu Selly menyebut wartawan sebagai salah satu mitra penting KPU dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat melalui pemberitaan di medianya masing-masing.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua KPU Cianjur, Rustiman, di awal sesi tanya jawab dengan para wartawan. Dia menyebutkan, dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 para wartawan tentunya juga akan berperan aktif melakukan diseminasi dan sosialisasi kepemiluan melalui medianya masing-masing.

“Sebab wartawan merupakan salah satu instrumen penting dari suksesnya demokrasi. Salah satunya melalui penyebaran diseminasi informasi kepemiluan, dan hal itu berkaitan erat dengan lembaga penyelenggara Pemilu atau KPU,” tutur Rustiman.

Dia menambahkan, sepanjang bisa dilakukan, pihaknya akan berupaya memfasilitasi para wartawan untuk memperoleh pemberitaan yang terkait tahapan-tahapan Pemilu 2024. “Dalam pertemuan ini kami ingin nantinya terbangun sebuah kolaborasi antara wartawan dan KPU Cianjur demi terselenggaranya Pemilu yang aman, tertib dan sukses,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Ketua PWI Cianjur Ahmad Fikri berharap KPU setempat dapat menyediakan semacam media centre untuk memudahkan wartawan memperoleh bahan-bahan pemberitaan kepemiluan.

Sebagian wartawan yang mengikuti Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di The Jhons Aquatic Resort, Minggu (25/9/2022).

Karena selama ini, lanjut Ahmad Fikri, banyak wartawan yang mengeluhkan sulitnya menghubungi Ketua atau Komisioner KPU Cianjur lainnya untuk konfirmasi pemberitaan. “Kami paham, hal itu mungkin karena sibuknya yang bersangkutan, sehingga keberadaan media centre di KPU Cianjur dapat menjadi solusinya,” ujar Orik, sapaan akrab Ahmad Fikri.

Menjawab harapan tersebut, Wakil Ketua KPU Cianjur Rustiman mengungkapkan, pihaknya juga telah memikirkan hal itu.

“Mudah-mudahan nanti di 2023, di kantor KPU Cianjur yang baru, kami bisa menyediakan ruangan khusus untuk media centre,” kata Rustiman seraya menyebutkan, saat ini kantor KPU Cianjur yang baru sedang dibangun di dekat Hukoci, tak jauh dari The Jhons Aquatik Resort.

Asep R. Rasyid