Pemkab Sukabumi Menerima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian JPT

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri, mewakili Bupati Sukabumi menerima penghargaan dalam acara Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Yogyakarta, Kamis (6/10/2022).

Acara yang dibuka Wakil Presiden RI, Maruf Amin itu digelar sebagai wujud apresiasi dan dukungan terhadap instansi pemerintah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tercatat 82 instansi pemerintah menerima penghargaan tersebut dengan rincian 14 katagori sangat baik dan 68 katagori baik. Sedangkan penilaiannya dilaksanakan selama setahun, yakni dari Januari sampai Desember 2021, dengan instansi pemerintah yang dinilai sebanyak 431 instansi.

Dalam penghargaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sukabumi memperoleh predikat “Baik” dalam 5 dimensi penilaian, yaitu persiapan pengisian JPT, pelaksanaan pengisian JPT, pelaporan pengisian JPT, inovasi manajemen pengisian JPT, dan penyelenggaraan sistem merit dalam jabatan.

Dari jumlah instansi penerima penghargaan itu, memang masih banyak instansi pemerintah yang belum mendapat katagori. Karena itu, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah lain.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pula launching Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) versi 4.0. Sijapti merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu instansi pemerintah dalam mengajukan usulan seleksi terbuka dan mutasi/rotasi pejabat pimpinan tinggi (PPT) secara daring.

Turut mendampingi Wakil Bupati pada acara itu adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi beserta jajarannya.

Ujang S. Chandra