Berkat Inovasi Digitalisasi Sarana dan Informasi, PDAM Tirta Raharja Raih Juara I PERPAMSI Award

Asissten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Bandung, Marlan, menerima trophy pemenang Juara 1 PERPAMSI Award kategori Digitalisasi Sarana dan Informasi BUMD Air Minum Besar, yang diserahkan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono di Jakarta Convention Centre.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Asissten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Bandung, Marlan, S.Ip, M.Si, mengungkapkan PDAM atau Perumda Air Minum Tirta Raharja berhasil meraih Juara 1 PERPAMSI Award kategori Digitalisasi Sarana dan Informasi BUMD Air Minum Besar.

Jadi, jelas Marlan, saat ini PDAM Tirta Raharja menciptakan sebuah inovasi yaitu percepatan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Dalam hitungan detik, PDAM Tirta Raharja dapat mengetahui masalah-masalah yang muncul, seperti terkait pembayaran, tarif air minum, dan gangguan yang terjadi pada sarana prasarana,” ujar Marlan saat dihubungi via telepon, Jumat (7/10/2022).

Menurut Marlan, dengan adanya digitalisasi tersebut sangat membantu PDAM Tirta Raharja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi berkaitan dengan proses retribusi air minum.

“Dengan jumlah pelanggan sekarang yang mencapai 120 ribu, maka otomatis peningkatan pelayanan kepada masyarakat itu sangat diprioritaskan,” katanya.

Trophy Juara 1 PERPAMSI Award kategori Digitalisasi Sarana dan Informasi BUMD Air Minum Besar yang diraih PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

Marlan juga menjelaskan, PDAM Tirta Raharja sudah menggunakan panel digitalisasi untuk mengetahui tekanan air yang mengalir ke masyarakat itu seperti apa, dan hal itu bisa dilihat di dashboard-nya PDAM yang ada di kantor pusat.

Misalnya, kata Marlan, kalau ada gangguan dalam pendistribusian air, maka di dashboard itu akan terlihat titik atau tempat terjadinya gangguan, sehingga hal itu memberikan kemudahan untuk melakukan antisipasi terhadap gangguan yang terjadi.

“Saya berharap jajaran direksi dan karyawan PDAM Tirta Raharja tidak merasa puas hanya karena meraih penghargaan PERPAMSI Award. Tapi justru hal itu harus menjadi motivasi untuk terus menciptakan inovasi lain agar bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

Marlan juga berharap pemerintah pusat bisa memberikan perhatian dan bantuan dana khususnya kepada daerah untuk meningkatkan pelayanan air minum yang aman. Sebab menambah satuan sambungan air ke rumah itu memerlukan dana yang tidak sedikit.

Lily Setiadarma