Jalan Bojongmeron Dibuka Kembali untuk Kendaraan Umum

Bupati Cianjur Herman Suherman (membelakangi kamera) saat membuka kembali Bomero sebagai jalan yang dapat dilalui mobil dan sepeda motor, Senin (10/10/2022).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Setelah bertahun-tahun ditutup dan dijadikan Citywalk oleh Bupati Cianjur sebelumnya, kini Jalan KH. Agus Soleh yang dikenal sebagai Bojongmeron (Bomero) dibuka kembali oleh Bupati Cianjur Herman Suherman, Senin (10/10/2022).

Dengan begitu, Jalan Bomero yang berlokasi di pusat kota Cianjur itu saat ini bisa dilalui kembali oleh pengguna mobil atau sepeda motor.

Menurut Bupati, pembukaan kembali ruas jalan tersebut didasarkan atas usulan masyarakat dan para pedagang atau pemilik toko yang berada di sepanjang ruas Jalan Bomero, di samping atas dasar kajian dari Badan Koordinasi Lalintas (Bakorlantas).

“Tentunya dengan dibukanya lagi jalan ini untuk kendaraan roda 4 dan 2 tanpa menghilangkan ikonnya sebagai jalan haritage, pengembangan ekonomi masyarakat, olahraga dan pementasan kesenian,” ujar Herman.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib menjelaskan status Jl. KH. Agus Soleh atau Bomero tersebut merupakan jalan kabupaten.

“Sejak 1983 jalan ini berubah fungsi menjadi Pasar Bojongmeron yang berada di bawah pengelolaan dinas pasar,” katanya.

Sekitar 30 tahun kemudian, lanjut Budi, tepatnya sejak 2014, Pasar Bojongmeron dipindahkan ke Pasar Induk Pasirhayam, bersebelahan dengan Terminal Pasirhayam, yang selanjutnya Bomero ditutup untuk lalulintas kendaraan roda 4 dan 2, menyusul difungsikannya jalan tersebut sebagai Bomero Citywalk.

“Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengembalikan fungsi Jl. KH. Agus Soleh, maka ruas jalan ini dibuka kembali penggunaannya sebagai jalan yang dapat dilalui kendaraan roda 4 dan 2, dengan tetap mempertahankan kekhasannya sebagai ruang publik,” tutur Budi.

Asep R. Rasyid