Korwil 2 MKKS SMK Kabupaten Cianjur Gelar Event Olahraga dan Seni

Ketua Korwil 2 MKKS SMK, Yudhi Perbata (kiri), didampingi Ketua Panitia Iing Solihin (kanan) seusai menyerahkan Piala Bergilir MKKS SMK Kabupaten Cianjur kepada Kepala SMK Tazkia Nusantara Rise Sopiyani (tengah) sebagai Juara Umum Porseni GTK Korwil 2 Tahun 2022.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Koordinator Wilayah (Korwil) 2 Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Cianjur menggelar event olahraga dan seni.

Event tersebut dilaksanakan di tiga sekolah, yakni SMK Al-Hasyimiyah, SMK Sinar Parahyangan, dan SMK Nurul Fallah Cikalongkulon, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kegiatan bertajuk Porseni GTK Korwil 2 Tahun 2022 itu, SMK Tazkia Nusantara, Cipanas, keluar sebagai Juara Umum, dengan meraih tiga kejuaraan, yakni Juara 1 Futsal, Juara 2 Bulutangkis Ganda Putri, dan Juara 3 Karaoke Dangdut.

Dengan predikat juara umum tersebut, SMK Tazkia Nusantara berhasil memboyong Piala Bergilir MKKS SMK Kabupaten Cianjur.

“Selamat kepada SMK Tazkia Nusantara yang berhasil menjadi Juara Umum Porseni GTK Korwil 2 Tahun 2022, dengan memboyong 2 Piala Bergilir MKKS SMK Kabupaten Cianjur,” ujar Ketua Korwil 2 MKKS SMK, Yudhi Perbata, S.Sos., yang juga Kepala SMK Aria Karina Pratama (AKP), Pacet, Cianjur.

Yudhi juga mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan Porseni GTK Korwil 2, yang diikuti para peserta dengan antusias.

Menurut Yudhi, kegiatan tersebut sebetulnya lebih menitikberatkan pada silaturahmi dan mengeratkan ikatan persaudaraan antar guru dan tenaga kependidikan, khususnya dari SMK yang bergabung di Korwil 2.

“Dengan Porseni GTK ini kita ingin mengeratkan silaturahmi dan membangun soliditas di antara kepal sekolah, guru dan tenaga kependidikan, di samping untuk mengembangkan potensi mereka dibidang olahraga dan seni. Makanya kami berharap, para peserta yang meraih juara di Porseni tingkat korwil ini bisa tampil di Porseni GTK tingkat kabupaten,” tutur Yudi.

Sebagian peserta yang meraih kejuaraan pada Porseni GTK Korwil 2 Tahun 2022.

Ketua Panitia Porseni GTK Korwil 2, Iing Solihin, S.Pd.I, menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala SMK di Korwil-2 yang telah mendukung terlaksananya Porseni GTK Korwil-2 Tahun 2022, sehingga Porseni terlaksana dengan lancar, sukses dan meriah.

Iing juga mengaku bangga kegiatan Porseni yang mempertandingkan 4 cabang olah rada dan 2 kesenian itu antusias diikuti sekitar 100 peserta dari 40 SMK yang berada di Korwil 2.

“Mudah-mudahan Porseni ini bisa diselenggarakan setiap tahun,” ujar Iing yang juga Kepala SMK Seni Salakadomas, Cipanas, Cianjur, seraya menyampaikan terima kasih kepada SMK yang telah ikhlas memberikan fasilitas, gedung dan lapang futsal untuk melaksanakan Porseni tersebut.

Berikut selengkapnya hasil Porseni GTK Korwil 2, yakni Futsal, Juara 1 SMK Tazkia Nusantara, Juara 2 SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur, dan Juara 3 SMK Bina Ummah Cikalongkulon; Bulutangkis Ganda Putra, Juara 1 SMK Garnesia, Juara 2 SMK Tazkia Nusantara, dan Juara 3 SMK IPPS.

Bulutangkis Ganda Putri, Juara 1 SMK Kesehatan Darmawangsa, Juara 2 SMK Buana Nusantara, dan Juara 3 SMK Tazkia Nusantara. Tenis Meja, Juara 1 SMK Bina Karya Bangsa, Juara 2 SMK Garnesia, dan Juara 3 SMK Nurul Fallah Cikalongkulon. Catur, Juara 1 SMK Al-Hasyimiyah, Juara 2 SMK Salakadomas, dan Juara 3 SMK Buana Nusantara.

Karaoke Dangdut, Juara 1 SMK IPPS, Juara 2 SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur, Juara 3 SMK Tazkia Nusantara. Karaoke Pop Sunda, Juara 1 SMK Sinar Parahyangan, Juara 2 SMK Kesehatan Cianjur, dan Juara 3 SMK Teknik Muhammadiyah Plus Cianjur.

Sementara itu, Kepala SMK Tazkia Nusantara, Rise Sopiyani, S.Pd.I, bersyukur sekolahnya meraih Juara Umum Porseni GTK, sekalipun tidak ada persiapan khusus bagi guru dan tenaga kependidikan SMK Tazkia ketika akan mengikuti Porseni tersebut.

“Mungkin seperti umumnya guru-guru lain, di SMK kami pun ada guru-guru yang senang berolahraga, futsal, tenis meja atau bulutangkis. Jadi kami mengikutsertakan mereka dalam Porseni GTK. Hasilnya, alhamdulillah kami bisa memboyong Piala Bergilir MKKS SMK Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Rise juga berharap, Porseni GTK dapat diselenggarakan secara rutin, dan para juaranya dapat menjadi wakil dalam Porseni GTK tingkat kabupaten.

“Hanya saja kami harap tempatnya nanti dipusatkan di satu lokasi, ini untuk menghemat tenaga dan waktu bagi para peserta. Kalau Porseni kemarin ‘kan tempat bertandingnya di tiga lokasi,” kata Rise seraya mengucapkan terima kasih kepada Korwil 2 dan panitia pelaksana atas penyelenggaraan Porseni GTK yang sukses dan meriah.

Terpisah, Ketua MKKS SMK Kabupaten Cianjur, Nurdin, S.Pd.I, menyambut positif kegiatan Porseni GTK Korwil 2, yang ternyata tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan mengeratkan rasa persaudaraan, tapi juga dapat mengembangkan potensi olahraga dan seni yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan.

Nurdin menyebutkan, Porseni GTK telah dilaksanakan oleh Korwil 2 dan 3. Tinggal Korwil 1 dan 4, khususnya untuk SMK swasta, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada November 2022. Kemudian pada Desember 2022 pihaknya juga merencanakan pelaksanaan kegiatan serupa.

“Hanya saja pesertanya, seperti yang sudah-sudah, diikuti para kepala sekolah. Ini karena jumlah SMK di Kabupaten Cianjur cukup banyak, yakni 185 SMK, yang terdiri dari 156 SMK swasta dan 28 SMK negeri,” katanya.

Asep R. Rasyid