Sempat Viral di Medson, Event Motor Trail Ranca Upas Rusuh, Rusak 3 Sepeda Motor

Peserta motor trail Ranca Upas ngamuk dan merusak tiga sepeda motor.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Ajang sepeda motor trail yang digelar di Kampung Cai, Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, viral di media sosial karena ricuh. Bahkan para peserta sempat mengamuk hingga merusak tiga sepeda motor yang diketahui merupakan doorprize acara.

Kapolsek Ciwidey Iptu Anjar Kusumah mengatakan, ajang trail sepeda motor di Ranca Upas digelar pada Ahad (6/3/2023) kemarin. Kegiatan tersebut diperkirakan diikuti sekitar 3.000 peserta.

Menurut Kapolsek, pada pelaksanaan kegiatan tersebut terjadi kesalahpahaman antara panitia dan peserta. Para peserta di awal kegiatan membayar tiket Rp200 ribu untuk tiket masuk Ranca Upas, makan, minum dan hadiah. Namun pada pelaksanaan kegiatan peserta diminta kembali uang tiket masuk, makan dan minum serta hadiah ditunda dibagikan. Hal itu membuat para peserta marah.

“Para peserta melampiaskannya dengan merusak dan membakar hadiah berupa tiga unit sepeda motor bekas,” ujarnya, Selasa (7/3/2023).

Ia mengatakan, hasil pemeriksaan saksi di lapangan menyebutkan para peserta juga tidak puas dengan kegiatan, karena jalur yang digunakan tidak layak untuk kegiatan event motor trail. Jalur sempit dan tidak terdapat jalur alternatif.

“Tidak ada petugas evakuasi di jalur, sehingga terjadi kepadatan peserta. Juga tidak ada panitia di jalur yang menyediakan makan dan minum,” kata Kapolsek seraya menambahkan, para panitia telah dimintai keterangan dan peserta trail telah dievakuasi.

Informasi yang dihimpun, para penyelenggara kegiatan event sepeda motor trail tersebut telah meminta maaf dan dipublikasikan di media sosial.

Lily Setiadarma