Sempat Terlunta-lunta, BAZNAS Cianjur Bantu Ibnu Sabil Pulang ke Medan

Devi Hernika saat mau berangkat pulang ke Medan.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Selama berminggu-minggu, seorang ibnu sabil (musaffir atau orang yang sedang melakukan perjalanan jauh) bernama Devi Hernika (28) terlunta-lunta di Cianjur. Bahkan sebelumnya, warga Medan, Sumatera Utara itu, mengalami nasib serupa di Jakarta, setelah sebelumnya tertipu agen sponsor penyaluran TKI ke Malaysia.

Tapi berkat bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur, Devi Hernika dapat pulang kembali ke kampung halamannya di Medan. Dia mendapkan bantuan akomodasi dari H. Tata, A.Pi, MM, selaku Ketua BAZNAS Cianjur.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu kepulangan Ibu Devi Hernika, sehingga bisa bertemu dan berkumpul kembali dengan keluarganya di Kota Medan,” kata Ketua BAZNAS Cianjur didampingi Wakil Ketua IV BAZNAS Cianjur, Hilman Saukani, Sabtu (11/3/2023).

Menurut Hilman, Devi Hernika selama terlunta-lunta dikabarkan telah menginap di teras rumah Rina Sulistiawati, warga Kampung Cipendawa RT/RW 01/011, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, selama satu minggu.

Devi, kata Hilman, sempat tertipu agen sponsor penyaluran tenaga kerja ke Malaysia. Dia dijanjikan menjadi asisten rumah tangga di Negeri Jiran tersebut. Namun saat di Malaysia, Devi tidak menemukan orang yang menawarkan pekerjaan yang sebelumnya diinformasikan oleh agen sponsor.

Devi pun, dengan uang yang tersisa, memaksakan diri pulang kembali ke Tanah Air, sehingga uang yang dimilikinya habis. Di Tanah Air, Devi sempat terlunta-lunta dari Jakarta hingga sampai ke Cianjur.

“Ibu Devi sempat terlunta-lunta hingga beberapa minggu. Bahkan sampai tidur di teras rumah warga. Awalnya dia ingin mencari kerja di Tanah Air setelah tertipu. Uangnya habis. Bahkan barang bawaannya hilang saat di perjalanan,” tutur Hilman.

Saat berada di Pacet, Rina Sulistiawati pemilik rumah yang ditempati Devi, atas izin dari pengurus RT/RW dan Polsek Pacet, berinisiatif mendatangi kantor BAZNAS Cianjur untuk meminta bantuan.

“Informasi dari Ibu Rina, langsung kami tindaklanjuti dengan memberikan bantuan akomodasi untuk perjalanan pulang Ibu Devi. Kami juga mengapresiasi Ibu Rina, yang mau menerima Ibu Devi walaupun tanpa identitas,” ujar Hilman.

Kini, tambah Hilman, Devi Hernika telah kembali ke kampung halaman dan berkumpul kembali dengan keluarganya.

Asep R. Rasyid