150 Mahasiswa Menerima Beasiswa Bupati Sukabumi, Marwan: Dapatkan Ilmu Sebanyak Mungkin untuk Membangun Daerah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menyerahkan piagam kepada salah satu penerima beasiswa bupati di Kampus Universitas Nusa Putra, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/3/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Sebanyak 150 mahasiswa menerima Beasiswa Bupati Sukabumi. Mereka akan menyelesaikan S-1 di Universitas Nusa Putra, yang kampusnya berlokasi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Para penerima beasiswa yang pada Selasa (14/3/2023) berkumpul di kampus Universitas Nusa Putra itu merupakan putra terbaik daerah dan orang terpilih dari 1.468 pendaftar beasiswa bupati. Mereka berhasil terpilih berdasarkan hasil seleksi administrasi dan tes tertulis.

“Peluang beasiswa bupati ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Penerima beasiswa harus mendapatkan ilmu semaksimal mungkin untuk memajukan daerahnya nantinya,” ujar Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di hadapan para penerima beasiswa tersebut.

Menurut Marwan, Universitas Nusa Putra merupakan salah satu kampus terbaik di Kabupaten Sukabumi. Kampus ini juga diisi beberapa mahasiswa dari luar negeri, seperti dari Papua Nugini dan Peru.

“Melihat bagusnya kampus ini, para penerima beasiswa bupati harus bisa memanfaatkan peluang tersebut. Semangat terus belajar untuk Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Pemberian beasiswa bupati yang bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra ini sudah tahun keempat. Sejumlah penerima beasiswa di tahun sebelumnya sudah mulai menunjukkan prestasi, termasuk ada yang melanjutkan belajar hingga ke Turki.

Mereka yang mendapatkan kesempatan belajar di Turki itu, kata Marwan, bisa memaksimal ilmunya untuk kemudian dibawa dan dimanfaatkan di Kabupaten Sukabumi, sehingga tujuan dari pemberian beasiswa ini benar-benar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Sukabumi.

“Kami punya keinginan, setiap desa terdapat banyak putra daerah yang bergelar sarjana, sehingga mereka bisa memajukan desanya masing-masing. Lewat program beasiswa ini kita mendorongnya,” ujar Marwan.

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan, mengungkapkan, para penerima beasiswa yang telah berkuliah benar-benar menunjukkan komitmen belajarnya. Bahkan beberapa di antaranya berhasil menorehkan prestasi untuk Kabupaten Sukabumi.

“Ada penerima beasiswa bupati ini yang meraih prestasi best paper di jurnal internasional yang mengangkat nilai Sukabumi, ada juga yang meraih juara entrepreneurship dan sejumlah prestasi lainnya,” kata Kurniawan.

Program beasiswa bupati tersebut, katanya lagi, memiliki tujuan yang sangat bagus, terutama dalam menjawab dan meningkatkan SDM masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Ini sebagai upaya meningkatkan SDM di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, penerima beasiswa ini ke depannya harus berkontribusi baik kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Ujang S. Chandra