Dekranasda Gelar Bazar Culinary Ramadhan, Bupati Sukabumi: Ini Mampu Bangkitkan UMKM

Bupati Sukabumi Marwan Hamami (kiri) bersama jajaran meninjau tenan UMKM yang terlibat dalam Bazar Culinary Ramadhan 1444 Hijriah di area parkir Sukabumi Craft Center, Minggu (2/4/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi menggelar Bazar Culinary Ramadhan 1444 Hijriah di area parkir Sukabumi Craft Center (Gerai Dekranasda) yang berlangsung selama dua pekan, 2-15 April 2023.

Bazar yang dibuka Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami itu diikuti 40 pelaku UMKM yang menjajakan berbagai takjil dan makan siap saji khas Ramadhan. Bahkan dalam kegiatan yang terselenggara atas kerja sama dengan Pemkab Sukabumi dan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM) itu, terdapat berbagai perlombaan, seperti lomba adzan, mewarnai, dan fashion show.

Bupati Sukabumi mengaku bersyukur kegiatan seperti itu terus terselenggara, sehingga mampu mendorong dan membangkitkan UMKM di Kabupaten Sukabumi.

“UMKM menjadi salah satu pendorong kebangkitan perekonomian. Apalagi pasca pandemi Covid-19,” ujar Bupati dalam pembukaan Bazar Culinary Ramadhan 1444 H, Minggu (2/4/2023), yang juga dihadiri Wabup Sukabumi Iyos Somantri dan Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi, kata Marwan, terus mendorong UMKM untuk berkarya. Salah satunya dengan melibatkan swasta. “Mari kita dorong agar UMKM di Kabupaten Sukabumi terus berkarya dan maju, serta semakin dikenal khalayak,” ucapnya.

“Kali ini UMKM kuliner, kedepan bisa saja produk lain pun hadir dalam bazar, sehingga semua dapat terfasilitasi secara baik. Karena semakin banyak tenan, semakin banyak pilihan juga. Jadi tidak hanya kuliner, produk kerajinan pun bisa ikut tampil dan dikenal masyarakat,” katanya.

Bupati juga berharap ke depan area kegiatan bazar tersebut bisa diperluas agar semua produk UMKM dapat terfasilitasi.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Dekranasda dengan menghadirkan puluhan tenan kuliner Sukabumi.

“Tahun ini ada 40 tenan UMKM yang terlibat. Keterbatasan area membuat kami harus membatasi jumlah tenan yang terlibat. Padahal, peminatnya relatif banyak,” ujar Hj. Yani Marwan.

Apalagi, ujarnya lagi, Bazar Culinary Ramadhan 1444 ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu masyarakat. Sebab, relatif lengkap dan beragam makanan tersedia. “Bazar ini selalu ditunggu masyarakat dan pelaku UMKM,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Hj. Yani, kegiatan bazar juga diselenggarakan untuk menggaungkan bela-beli produk UMKM. Karena itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk hadir dan menikmati berbagai kuliner yang ada di tempat tersebut.

“Mari hadir dan mencicipi makanan khas Sukabumi di area Bazar Culinary Ramadhan ini,” ajaknya.

Ujang S. Chandra