Selama Ramadhan 1444 H/2023 Terkumpul ZIS Rp16,3 M, Ketua BAZNAS Cianjur Apresiasi Kinerja UPZ Kecamatan

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata, A.Pi, MM (ketiga dari kanan) bersama pimpinan BAZNAS Cianjur lainnya dan ketua UPZ Kecamatan yang memperoleh penghargaan dari BAZNAS atas capaian kinerjanya selama pengumpulan ZIS dibulan Ramadhan 1444 H/2023.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur, H. Tata, A.Pi., MM, mengapresiasi kinerja pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan yang sudah ikhlas mensukseskan penghimpunan zakat, infak dan sedekah (ZIS) selama bulan Ramadhan 1444 H/2023.

Hal itu disampaikan Ketua BAZNAS Cianjur dalam rapat evaluasi pencapaian ZIS UPZ Kecamatan yang dihadiri pimpinan BAZNAS Cianjur dan para pengurus UPZ Kecamatan se Kabupaten Cianjur di kantor BAZNAS setempat, Kamis (11/5/2023).

Ketua BAZNAS juga berpesan, penghimpunan ZIS harus tetap dilaksanakan setiap hari, bukan hanya di bulan Ramadhan agar target pengumpulan ZIS tahun 2023 dapat tercapai, bahkan diharapkan lebih dari target.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua 1 BAZNAS Cianjur, KH. Aden Ali Asadullah, M.Pd.I, selaku pimpinan bidang pengumpulan, mengajak para pengurus UPZ Kecamatan dan UPZ DKM untuk menggiatkan pengumpulan zakat pertanian, zakat perdagangan dan infak guna mencapai target di tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, BAZNAS Cianjur memberikan cinderamata untuk UPZ Kecamatan terbaik dari prosentasi pencapaian ZIS Ramadhan 1444 H, yang mampu meningkatkan pengumpulannya lebih dari 20 persen dari capaian Ramadhan tahun lalu. Mereka adalah UPZ Kecamatan Sindangbarang, UPZ Kecamatan Naringgul dan UPZ Kecamatan Cidaun.

Sementara itu, Wakil Ketua IV BAZNAS Cianjur, H. Hilman Saukani, ketika dihubungi melalui telpon selularnya, Senin (15/5/2023), mengungkapkan, selama Ramadhan 1444 H/2023, BAZNAS Cianjur berhasil mengumpulkan ZIS sebesar lebih dari Rp16,3 miliar, dengan rincian zakat fitrah Rp14,3 miliar, zakat mal Rp876 juta, dan infak Rp1,143 miliar.

“Kalau melihat hasil pencapaian ZIS selama Ramadhan 1444 H sebesar itu, kami optimis target pengumpulan ZIS BAZNAS Cianjur tahun 2023 akan tercapai, bahkan mungkin akan melampaui target,” katanya.

Menurut Hilman, dari dana ZIS terkumpul sebesar itu, sebanyak 70 persen telah disalurkan di masing-masing UPZ DKM, dan umumnya disalurkan sehari sebelum perayaan Idul Fitri 1444 H. Sedangkan sisanya sebesar 30 persen, secara bertahap akan kembali disalurkan kepada warga yang membutuhkan melalui UPZ-UPZ DKM se Kabupaten Cianjur.

“Secara bertahap dan terprogram, sisa dana ZIS sebesar 30 persen itu akan segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui penyaluran bantuan 5 Program BAZNAS Cianjur,” ujar Hilman seraya menyebutkan, dari ZIS sebesar Rp16,3 miliar itu, hanya sekitar 1 persen yang dikelola BAZNAS Kabupaten Cianjur.

Terkait hasil evaluasi pencapaian ZIS selama Ramadhan 1444 H oleh UPZ Kecamatan, Hilman mengakui selain banyak UPZ Kecamatan yang mampu meningkatkan pengumpulan ZIS-nya dibandingkan tahun lalu, bahkan ada yang kenaikannya lebih dari 20 persen, tapi memang masih ada beberapa UPZ Kecamatan yang perlu lebih giat lagi menjemput bola dalam pengumpulan ZIS di kecamatannya masing-masing.

Dari sejumlah UPZ Kecamatan yang perlu lebih giat lagi dalam pengumpulan ZIS-nya itu, 3 antaranya adalah UPZ Kecamatan Ciranjang, Warungkondang, dan Agrabinta.

Asep R. Rasyid