Tinjau Jalur Wisata Selabintana-Kadudampit, Bupati Sukabumi: Sepanjang Ruas Jalan ini Suguhkan Pemandangan Luar Biasa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama unsur perangkat daerah setempat saat meninjau ruas jalan wisata Selabintana-Kadudampit yang rencananya akan segera dibangun, Senin (15/5/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama unsur perangkat daerah setempat meninjau ruas jalan wisata Selabintana-Kadudampit yang rencananya akan segera dibangun, Senin (15/5/2023).

Dengan mengendarai sepeda motor, rombongan Bupati Sukabumi tersebut melakukan survey ruas jalan jalur lingkar utara yang menghubungkan dua kecamatan yakni Kecamatan Sukabumi dan Kadudampit.

Dalam peninjauan jalan sepanjang puluhan kilometer ini, para petinggi di lingkup Pemkab Sukabumi itu disuguhi pemandangan alam dan udara yang sangat luar biasa. Karena memang ruas jalan yang kondisinya saat ini berupa jalan berbatu, merupakan kawasan pegunungan serta perkebunan teh.

Menurut Marwan, pembukaan akses jalan tersebut dilakukan untuk kepentingan masyarakat, terutama para petani yang berada di sejumlah desa di Kecamatan Sukabumi dan Kadudampit, sehingga nantinya para petani di kawasan itu dapat memasarkan hasil-hasil pertaniannya dengan lebih lancar.

“Akses jalan ini bukan hanya membuka koridor utara dalam perencanaan RPJMD, namun juga membantu masyarakat untuk memudahkan akses transportasi dalam menjual sayuran,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Marwan, jalan ini juga dibangun untuk mendorong pengembangan potensi pariwisata, sehingga masyarakat bisa mendapatkan penghasilan dari pariwisata dan tidak hanya mengandalkan hasil pertanian.

“Sekitar jalan yang dibangun, akan dibuat tempat untuk berjualan, baik itu sayuran ataupun makanan. Itu bisa dimanfaatkan warga Kadudampit dan Selabintana,” kata Marwan.

Bupati memprediksi, kawasan yang dilalui jalan tersebut akan ramai, mengingat ruas jalan ini pun bisa menjadi alternatif dalam mengurai kemacetan dari arah Bogor menuju Cianjur.

“Jalan ini dibangun juga untuk mengurai kemacetan. Termasuk alternatif pendukung, ketika tol sudah jadi. Makanya, jalan ini diprediksi akan ramai dilalui berbagai kendaraan,” ungkap Bupati yang dalam peninjauannya itu sempat berhenti untuk berbincang-bincang dengan petani dan pemetik teh.

Marwan berharap, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat ketika jalan ini sudah jadi. “Mudah-mudahan ketika semua sudah selesai, pariwisata berjalan, penghasilan masyarakat juga meningkat,” katanya.

Ujang S. Chandra