Dusun Stroberi, Berlibur Sambil Memetik Sendiri Buah Stroberi

Di Dusun Stroberi, Rancabali, Kabupaten Bandung, wisatawan bisa memetik langsung buah stroberi. Seperti tampak dalam gambar, pengunjung sedang memetik buah stroberi, Sabtu (20/5/2023). Foto – Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Banyak pilihan tempat wisata di Kabupaten Bandung, terlebih lagi di wilayah Bandung selatan. Salah satunya, yang cocok untuk berlibur bersama anak dan keluarga adalah Dusun Stroberi di Kecamatan Rancabali.

Obyek wisata tersebut bisa menjadi alternatif liburan yang anti mainstream dan berbeda dari biasanya. Sebab selain berlibur, wisatawan juga dapat memetik sendiri buah stroberi, dan ini bisa juga dijadikan sebagai edukasi bagi anak-anak untuk memperkenalkan mereka dengan buah-buahan yang bisa dipetik langsung dari pohonnya.

Hal itu diakui pengunjung asal Cimahi, Susan Khifa. Dia merasa sangat senang bisa menikmati liburan di Dusun Stroberi. Selain bisa menikmati stroberi langsung dari pohonnya, Susan yang berkunjung bersama keluarga juga bisa merasakan udara sejuk di sekitar lokasi wisata.

“Sangat menyenangkan, udaranya sejuk, stroberinya pada segar, bisa petik sendiri, sebagian ada yang dimakan langsung,” ujar Susan saat ditemui di objek wisata Dusun Stroberi, Rancabali, Sabtu (20/5/2023).

Makan buah stroberi (strawberry) yang dibeli di toko mungkin sudah terlalu mainstream, karena itu hal biasa kita lakukan. Akan tetapi menikmati buah stroberi langsung dari pohonnya dan hasil memetik sendiri mungkin akan menjadi sensasi yang baru bagi siapa pun.

Sensasi tersebut bisa ditemukan di Dusun Stroberi, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali. Tempat wisata ini, bagi warga Kabupaten Bandung, mungkin sudah tidak asing lagi. Tetapi bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan masih bingung mau berwisata ke mana, maka Dusun Stroberi bisa menjadi tujuan yang tepat, karena di sana pun banyak tersedia berbagai wahana.

Letaknya yang berdekatan dengan Agro Wisata Air Panas Walini, juga membuat pengunjung bisa melanjutkan kunjungannya ke pemandian air panas setelah menikmati keindahan Dusun Stroberi dan memetik buahnya.

Salah satu vila di Dusun Stroberi di Desa Patengan, Rancabali. Foto – Lily Setiadarma.

Di Dusun Stroberi ini, selain disediakan kebun stroberi yang buahnya bisa kita panen sendiri, juga disediakan tempat penginapan yang berada di sekitar hamparan tanaman stroberi, sehingga saat kita menginap di sana kita bisa merasakan nuansa baru dalam menikmati masa liburan.

Di sana total ada 14 tempat penginapan dengan berbagai tipe, di antaranya delapan tipe x bret, tiga mencir, tiga manora, satu santung dan satu aula yang bisa menampung 150 orang.

Menariknya lagi, untuk bisa menikmati liburan di Dusun Stroberi, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp15 ribu/orang. Dengan nominal sebesar itu, wisatawan juga bisa mendapatkan jus stroberi secara gratis.

Lily Setiadarma