Mempertahankan Kepercayaan Masyarakat, SMPN 1 Kota Sukabumi Terus Berupaya Menjadi yang Terbaik

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, disatu sisi memang membanggakan karena itu merepresentasikan kualitas pendidikannya. Tapi di sisi lain juga menjadi “beban” cukup berat bagi kepala sekolah dan segenap guru-gurunya.

Apalagi sejak awal ada komitmen dari mereka untuk terus berusaha menjadikan SMPN 1 Kota Sukabumi sebagai sekolah terbaik di Kota Sukabumi.

“Dibandingkan dengan sekolah lain, ada beban luar biasa untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang begitu besar dan antusias terhadap SMPN 1 Kota Sukabumi, sehingga kami terus berupaya meraih prestasi, dengan cara seoptimal mungkin mengembangkan bakat dan potensi siswa,” ungkap Kepala SMPN 1 Kota Sukabumi, Agus Mulyana, S.Pd., M.Si., ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/6/2023).

Pola pembinaan yang diterapkan kepada siswa pun, lanjut Agus, melibatkan seluruh komponen sekolah, serta disusun dalam perencanaan terprogram dan masif. Artinya, mulai pembina hingga guru harus berpartisipasi dan ikut dalam pembinaan siswa, sehingga dari kolaborasi antara guru, pembina dan pelatih tumbuh semangat siswa untuk meraih prestasi.

“Alhamdulillah sejumlah prestasi telah diukir oleh putra-putri terbaik SMPN 1, baik prestasi akademik maupun non akademik. Contohnya olahraga pencak silat, dua siswa kami meraih medali emas dan perak dalam Championship Pencak Silat di Wonogiri, Mei kemarin,” tutur Agus.

Kepala SMPN 1 Kota Sukabumi, Agus Mulyana, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yayan Sumaryana.

Contoh lain, kata Agus, awal Juni ini SMPN 1 Kota Sukabumi meraih 2 kejuaraan dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) yang diselenggarakan di Kota Sukabumi, yakni juara 2 IPA dan juara 3 Matematika.

“Sebelumnya, dalam perlombaan Paskibra yang diselenggarakan di SMK YAPAN Kabupaten Sukabumi, yang diikuti oleh siswa kelas tujuh dan kelas delapan sebanyak dua peleton, SMPN 1 Kota Sukabumi meraih beberapa kategori penghargaan,” ujar Agus.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 1 Kota Sukabumi, Yayan Sumaryana, M.Pd., hampir setiap minggu sekolahnya meraih prestasi, dan itu selalu disampaikan kepada siswa setiap upacara bendera dihari Senin.

“Tujuannya untuk memotivasi siswa-siswi yang lain, terutama yang tidak ikut Eskul, agar bisa ikut bergabung dengan Eskul yang ada di SMPN 1 Kota Sukabumi,” ujar Yayan seraya menyebutkan kegiatan Eskul di sekolahnya, antara lain basket, bola voli dan Paskibra.

Pembinaannya, tambah Yayan, dua kali seminggu sepulang sekolah. Sedangkan pelatihnya, ada yang dari guru SMPN 1 Kota Sukabumi, ada juga dari luar sekolah.

Jenal