PPDB SMP Dibuka, Kadisdik Kabupaten Bandung Imbau Orang Tua Agar Hati-hati Terhadap Janji Manis Calo

Kantor Disdik Kabupaten Bandung.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023-2024 muli hari ini, Senin (19/6/2023).

Pendaftaran PPDB tingkat SMP di Kabupaten Bandung dibuka secara online dan dilakukan dengan dua tahap. Pertama, pendaftara PPDB jalur Afirmasi, Prestasi dan perpindahan orang tua dibuka pada 19-24 Juni 2023. Kedua, pendaftaran PPDB jalur Zonasi dibuka mulai tanggal 3 sampai 8 Juli 2023.

“Dari hasil pendaftaran PPDB tersebut, kelulusannya akan diumumkan pada 13 Juli 2023. Sementara daftar ulang bagi peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi dilaksanakan pada 14-15 Juli 2023, dan mulai masuk sekolah tanggal 17 Juli 2023. PPDB ini digelar sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan,” jelas Kepala Disdik Kabupaten Bandung, H. Ruli Hadiana, melalui Kepala Bidang SMP Yusup Salim, di kantor Disdik setempat, Senin (19/6/2023).

Kepala Disdik Kabupaten Bandung, Drs. H. Ruli Hadiana, S.Sos., M.Ipol.

Yusuf menyebutkan, pendaftaran PPDB tingkat SMP di Kabupaten Bandung dilakukan secara online, sehingga orang tua tidak perlu repot untuk datang ke sekolah yang dituju. Tapi cukup mendaftarkan putra-putrinya melalui aplikasi yang telah disediakan, yakni https://ppdb.bandungkab.go.id.

“Kami mengimbau seluruh orang tua untuk melakukan pendaftaran secara mandiri secara online,” ujar Yusuf seraya menyebutkan tema PPDB SMP tahun ini, yakni ‘Tangguh dan cerdas dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi’.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau orang tua agar hati-hati dengan janji manis oknum/calo PPDB. Sebab PPDB tingkat SMP di Kabupaten Bandung dilaksanakan gratis, alias tidak dipungut biaya apapun.

Lily Setiadarma