Perpisahan dan Kenaikan Kelas, SDN CBM Cipanengah Menggelar Megical Nusantara

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Dalam rangka perpisahan kelas VI dan kenaikan kelas I-V, SDN CBM Cipanengah, Kota Sukabumi, menggelar Megical Nusantara di SDN setempat, Sabtu (24/6/2023). Dalam Megical Nusantara ini ditampilkan berbagai kesenian dan pakaian adat se Nusantara oleh para siswa.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Disdikbud Kota Sukabumi Yudi Sutriana, SE, MM, Kabid Pendas Roni, Kasus Kesiswaan Dadi, Ketua Komite SDN CBM Cipanengah Caca Danuwijaya, S.Pd., kepala dan para guru, serta para orang tua siswa.

Ketua Komite SDN CBM Cipanengah, Caca Danuwijaya, mewakili kepala SDN tersebut menjelaskan, Megical Nusantara itu merupakan wujud apreasiasi atas apa yang diajarkan kepada para siswa di sekolah selama ini, terutama menyangkut kegiatan eskul, seperti kegiatan kesenian dan baca Al-Qur’an.

Ketua Komite SDN CBM Cipanengah Caca Danuwijaya Wl(kiri) bersama Sesdisdikbud Kota Sukabumi Yudi Sutriana (tengah) dalam acara Megical Nusantara di SDN setempat, Sabtu (24/6/2023).

“Sebagai bentuk dukungannya, dalam acara ini para guru pun memakai pakaian adat dari suku yang ada di Nusantara,” ujar Caca.

Sedangkan para siswa, dalam Megical Nusantara itu menampilkan kreasi seni seperti marawis, paduan suara, solo dan tari-tarian daerah. Bahkan untuk lebih menyemarakan acara itu, juga dipamerkan beragam kuliner Nusantara oleh orang tua siswa.

Semua itu, kata Caca, merupakan penjabaran dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. “Ini memang kebijakan harus dilaksanakan, dan Alhamdulillah SDN CBN Cipananengag bisa melaksanakannya dengan meriah,” katanya.

Caca juga menyebutkan, siswa kelas VI tahun ajaran 2022/2023 lulus 100 persen. “Soal prestasi, juga membanggakan. Ada beberapa siswa yang meraih prestasi hingga ke tingkat provinsi,” ujaCaca.a seraya menambahkan, sarana prasarana belajar di SDN tersebut sudah cukup memadai.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Disdikbud Kota Sukabumi yang diwakili Sekretaris Disdikbud Yudi Sutriana menyampaikan apresiasinya atas gelaran Megical Nusantara tersebut sebagai salah satu implementasi dari Kurikulum Merdeka.

Yudi juga mengapresiasi para siswa yang menorehkan prestasi. Karena siswa yang berprestasi mudah melanjutkan pendidikan ke SMP/sederajat, yakni melalui jalur afirmasi. “Siswa/siswi berprestasi tidak akan susah masuk SMP, karena mereka merupakan duta pendidikan Kota Sukabumi,” ujarnya.

Jenal