Pantau Harga Sembako di Pasar Induk, Bupati Cianjur Sebut Beberapa Komoditas Alami Kenaikan

Bupati Cianjur Herman Suherman (tengah) saat sidak di Pasar Induk Cianjur, Pasirhayam, Cilaku, Senin (27/6/2023).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Beberapa hari menjelang tibanya Idul Adha, Bupati Cianjur H. Herman Suherman melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga-harga bahan pokok di Pasar Induk Cianjur, Pasirhayam, Kecamatan Cilaku, Senin (26/6/2023).

Turut mendampingi Bupati Cianjur, antara lain Kadis Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Komarudin, Kepala Pasar Induk Cianjur, Donny, Asda II Setda Cianjur, Budhi Rahayu Toyib, dan Kabag Perekonomian, Cicih Permasih.

Dari hasil sidaknya, Bupati mengakui, ada beberapa komoditas yang melonjak naik signifikan, terutama harga cabe tanjung yang semula berkisar antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribu, sekarang sudah mencapai Rp80 ribu/kilogram.

“Saya tanya tadi kepada para pedagang, mereka mengaku pasokannya kurang sehingga harganya naik. Juga ayam potong mengalami kenaikan, yang asalnya Rp37 ribu, sekarang sudah mencapai Rp42 ribu bahkan ada yang Rp45 ribu/kg. Harga telur ayam juga naik rata-rata kenaikannya Rp4 ribu/kg,” jelas Herman.

Bupati berharap kenaikan beberapa komoditas tersebut sifatnya hanya situasional, atau jelang Idul Adha saja, untuk selanjutnya kembali normal, sehingga inflasi daerah tetap terkendali.

“Inflasi kita tahun lalu 4,7, dan tahun ini turun dua digit menjadi 4,5. Ini masih di bawah inflasi nasional yang mencapai 5,” tutur Bupati.

Untuk menjaga inflasi itu pula Pemkab Cianjur akan menggelar pasar murah di halaman parkir kantor Pemkab Cianjur, Selasa (27/6/2023). Sedangkan komoditi yang disediakan terutama yang mengalami kenaikan itu.

“Waktunya besok, jam 7 pagi,” kata Herman seraya menyebutkan, di pasar murah Pemkab Cianjur itu harga cabe, daging ayam, telor dan komoditas lain yang naik di pasaran umum, akan dijual dengan harga lebih murah.

Asep R. Rasyid