Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77, Bupati Dadang Supriatna Sebut Kabupaten Bandung Semakin Kondusif dan Aman

Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Plt. Kapolresta Bandung AKBP Indra Hermawan saat potong tumpeng pada peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/2023). Foto LIly Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna menilai kehadiran polisi sangat terasa di Kabupaten Bandung di mana saat ini angka kriminalitas menurun, sehingga Kabupaten Bandung saat ini semakin membaik, terutama dalam kondisi kondusif dan aman.

Dengan begitu, investasi pun masuk dan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami juga sangat mengapresiasi kinerja Polresta Bandung, yang hadir secara gerak cepat menangani kasus yang terjadi. Itulah fungsi Polri dalam memberikan pelayanan. Mudah-mudahan ini terus ditingkatkan,” kata Bupati pada Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/2023).

Pada 2021, lanjut Dadang, PAD Kabupaten Bandung tercatat Rp 969 miliar, kemudian pada Desember 2022 naik menjadi Rp 1,237 triliun.

“Kenapa ada peningkatan PAD yang sangat signifikan, karena investasi masuk ke Kabupaten Bandung. Dan kenapa investor masuk ke Kabupaten Bandung, karena Kabupaten Bandung dalam kondisi kondusif dan aman terkendali. Itu di antaranya ada peranan Polresta Bandung yang saat ini sudah melakukan langkah-langkah,” tuturnya.

Apresiasi setinggi-setingginya disampaikan Bupati atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan juga perjuangan personil Polri dalam memelihara kamtibmas dan penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hukum Polresta Bandung.

“Polri telah melakukan pemberantasan terhadap setiap bentuk kejahatan dan tindak kriminalitas secara tegas, profesional, legitimit, dan tidak diskriminatif guna memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Dadang.

Dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, Dadang berharap agar Polri dapat mengedepankan tindakan humanis, serta terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat secara konsisten dan berkelanjutan.

Khususnya menjelang Pemilu dan Pilkada 2024, Dadang berharap agar dalam melaksanakan amanahnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Polri dapat memperkuat koordinasi sinergitas dan kerjasama dengan TNI, pemerintah daerah, masyarakat dalam memelihara keamanan, ketertiban di Kabupaten Bandung.

Dadang meyakini, bersama-sama dengan TNI dan komponen Forkopimda Kabupaten Bandung lainnya, maka kepolisian akan menjadi pilar keutuhan NKRI.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polri, khususnya Pak Kapolresta Bandung yang saat ini sudah bisa bersama-sama mengawal visi misi Kabupaten Bandung dalam kinerja saya kurun waktu 2 tahun 2 bulan ini,” katanya.

“Tentunya ada beberapa program yang di dalamnya ada keterlibatan Polri yang selalu berkomitmen dan sinergi, sehingga angka pengangguran Kabupaten Bandung menurun dari 8,52 persen menjadi 6,98 persen, dan begitu juga angka kriminalitas,” sambung Dadang seraya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 dan menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Polri khususnya yang berada di lingkungan Polresta Bandung.

Karnaval seni budaya yang ditampilkan oleh perwakilan Polsek di jajaran Papolresta Bandung pada peringatan Hari Bhayangkara ke-77.

Sementara itu, Plt. Kapolresta Bandung AKBP Indra Hermawan berharap melalui momen Hari Bhayangkara ke-77, Polri ke depan bisa lebih baik melayani masyarakat.

“Polri ke depan bisa lebih memuaskan masyarakat, khususnya Polresta Bandung bisa melayani warga masyarakat Kabupaten Bandung dan juga menunjang pembangunan Kabupaten Bandung,” harap Indra pada Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-77 yang juga diramaikan dengan atraksi seni budaya.

“Seni budaya dari setiap kecamatan di Kabupaten Bandung kita tampilkan dalam acara ini dengan harapan kita bisa mengenali berbagai seni dan budaya khususnya asal Kabupaten Bandung, sehingga kita ke depannya bisa melestarikannya,” ujar Indra.

Hadir dalam upacara dan syukuran Hari Bhayangkara itu, para pimpinan Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bandung, pejabat utama Polresta Bandung, pimpinan BUMN/BUMD dan tokoh masyarakat.

Salah satu pimpinan BUMD yang hadir, yakni Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Drs. H. A. Teddy Setiabudi, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara Ke-77, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Polresta Bandung yang selama ini telah menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bandung.

Lily Setiadarma