Penangkaran Rusa Rancaupas, Wisata Edukasi Sambil Menikmati Keindahan Alam

Sejumlah pengunjung yang datang ke Bumi Perkemahan Rancaupas Rancabali di libur sekolah banyak yang membawa keluarga dan memasang tenda, Minggu (2/7/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bumi Perkemahan Rancaupas, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, selain untuk berwisata camping, juga ada penangkaran rusa dan ini dapat menjadi wisata edukasi khususnya bagi anak-anak.

Tak hanya itu. Wisatawan pun bisa berfoto dengan rusa-rusa yang jinak dan lucu, sambil memberi mereka makanan yang telah disediakan oleh pengelola.

Pantauan wartaparahyangan.com, Minggu (2/7/2023), banyak pengunjung yang membawa anak-anak ke Penangkaran Rusa Rancaupas tersebut, selain sebagai edukasi bagi putra-putri mereka tentang hewan-hewan yang sering muncul dalam dongeng dan film kartun itu, juga anak-anak tampak bergembira bisa berfoto dengan rusa-rusa tersebut.

Tempat wisata Rancaupas sendiri menyediakan wahana-wahana yang bisa membuat keluarga betah dan nyaman bermain. Selain udaranya yang sejuk, juga tersedia kolam renang yang dikelilingi pepohonan alami.

Rusa-rusa di Penangkaran Rusa Rancaupas tampak jinak-jinak dan lucu. Foto Lily Setiadarma

Pengunjung pun bisa mencari jajanan di lokasi wisata Rancaupas. Di sana tersedia warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman khas Rancabali, seperti bandrek, yang memang sangat pas diminum di tempat yang hawanya relatif dingin.

Dihari-hari libur saat ini, terutama Sabtu dan Minggu, pengunjung memadati tempat-tempat wisata di kawasan Rancabali, termasuk Rancaupas. Ini juga terpantau di jalur wisata Bandung selatan yang dipadati kendaraan bermotor, hingga kendaraan tampak mengular.

Di lokasi Rancaupas sendiri, pengunjungnya cukup ramai meskipun saat itu hujan turun. Mereka banyak yang datang ke Rancaupas untuk camping dan melihat rusa.

Lily Setiadarma