Tiga Rumah Ludes Terbakar, Kerugian Sementara Ditaksir Sekitar Rp500 juta

Sejumlah warga saat memadamkan rumah yang terbakar di Kampung Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jum’at (21/7/2023) dini hari.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Tiga rumah warga ludes terbakar di Kampung Gambung RT/RW 02/06, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jum’at (21/7/2023) sekitar jam 00.30 WIB

Kapolsek Pasirjambu Iptu AA Suminta, yang menerima laporan tersebut mengatakan, tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Api dapat dipadamkan dengan waktu lebih kurang 1 jam oleh unit Damkar Pacira dibantu warga sekitar,” kata Aa Suminta dalam keterangan resminya, Jum’at (21/7/2023).

Menurut Aa Suminta, api yang menghanguskan tiga rumah tersebut diduga akibat adanya korsleting di salah satu rumah hingga menyebabkan kebakaran. Api pun dengan cepat merambat hingga ke dua rumah di sampingnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Ferry Yanuar membenarkan telah terjadi musibah kebakaran di wilayahnya, yang mengakibatkan 3 unit rumah luluh lantak disantap Si Jago Merah.

Kepala Desa Mekarsari Ferry Yanuar berada di lokasi kebakaran yang sudah dibersihkan dari puing-puing, Jum’at (21/7/2023). Foto Lily Setiadarma

Ferry bersyukur api dapat segera dipadamkan oleh warga dan petugas pemadam kebakaran dari kabupaten dan damkar Ciwidey.

“Kerugian sementara ditaksir sekitar Rp 500 juta. Alhamdulilah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” kata Kades Mekarsari seraya menyebutkan, para korban untuk sementara tinggal dengan keluarganya masing-masing.

Pantauan di lokasi, Jum’at siang, terlihat posko yang baru selesai dibangun. Di posko ini antara lain tersedia dapur umum untuk membantu warga yang terdampak musibah kebakaran tersebut.

Terkait bantuan untuk warga terdampak, Kades Mekarsari, mengaku hingga Jum’at siang baru ada bantuan dari Damkar Kabupaten Bandung.

Lily Setiadarma