Promosi Produk Unggulan UMKM, Bupati Cianjur Komitmen Majukan Usaha Rakyat

Bupati Cianjur H. Herman Suherman saat membuka Promosi Produk Unggulan UMKM Kabupaten Cianjur di Alun-alun Cianjur, Sabtu (19/8/2023).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman membuka Promosi Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cianjur di Alun-alun Cianjur, Sabtu (19/8/2023).

Kegiatan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-78 dan Hari Jadi Cianjur ke-345, sekaligus juga untuk mengisi rangkaian acara Helaran Seni Budaya Cianjur itu dihadiri perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sutarmo, serta jajaran Forkopimda Cianjur.

Dalam kegiatan promosi itu terdapat puluhan stand yang memamerkan produk UMKM binaan PLUT KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu, Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur.

Bupati Cianjur pada kesempatan itu mengungkapkan satu dari lima program unggulan Pemkab Cianjur yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yakni Program Pengembangan 10.000 UMKM selama 5 tahun, atau 2.000 UMKM per tahun.

“Tapi alhamdulillah, berkat support dan respon masyarakat Cianjur yang sangat luar biasa, ditahun kedua saja, yakni tahun 2023, sudah dikembangkan sebanyak 17.000 UMKM. Ini menunjukkan tingginya semangat warga Cianjur untuk bangkit khususnya di bidang ekonomi masyarakat,” tutur Herman.

Namun demikian, Herman mengakui selama ini masih ada kelemahan dalam pengembangan UMKM di Cianjur, yakni dari sisi kemasan dan pemasaran produk.

Karena itu, lanjut Herman, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya, antara menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pengemasan produk dan semacamnya, di samping juga membantu pemasarannya, seperti menggelar berbagai pameran dan bazar, termasuk kegiatan promosi di Alun-alun Cianjur tersebut.

“Kita juga bekerja sama dengan 26 situs resmi pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk mempromosikan produk UMKM Kabupaten Cianjur di situs mereka, dengan tujuan agar produk UMKM Cianjur semakin dikenal luas. Dari sini tentunya diharapkan penjualan produk UMKM akan meningkat,” ungkapnya.

Herman juga menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan membangun gerai produk UMKM, bekerja sama pengelola toko swalayan Slamet. Gerai ini rencananya akan dibangun di Jl. Abdullah Bin Nuh.

“Persiapkan sejak sekarang. Kemaslah produk UMKM yang Bapat-Ibu buat semenarik mungkin dengan cita rasa yang enak agar nanti bisa dipasarkan melalui gerai produk UMKM,” kata Bupati kepada puluhan pelaku UMKM yang hadir dalam kegiatan Promosi Produk Unggulan UMKM itu.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama Pemkab Cianjur dengan Pos Indonesia untuk meningkatkan pemasaran UMKM di Kabupaten Cianjur, serta fasilitasi penjualan secara online.

Asep R. Rasyid