Semarak Warga Cimariuk Babakansakola Gelar Perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-78

Sejumlah warga tampak berjoged-ria dalam merayakan HUT RI ke-78 di RT/RW 01/04 Kampung Cimariuk Babakansakola, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Minggu (20/8/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Antusiasme masyarakat dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 tampak di mana-mana, seperti yang dilakukan warga RT/RW 01/04, Kampung Cimariuk, Babakansakola, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Warga Cimariuk menggelar berbagai lomba kerakyatan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ini. “Kita melaksanakan berbagai perlombaan di lahan kosong wakaf dari H. Dede di kampung ini,” ujar Ketua Panitia Enang Supriatna S.Ud., Minggu (20/8/2023).

Menurut Enang, kegiatan untuk memeriahkan HUT RI itu sudah dilakukan sejak Kamis sampai hari ini. Pada Kamis dilakukan kegiatan Upacara Bendera, dilanjutkan dengan perlombaan untuk anak-anak dan remaja usia 2-15 tahun.

Pada Jum’at dilaksanakan karnaval yang para pesertanya mengenakan bermacam kostum menarik hasil kreatifitas mereka. Kemudian pada Sabtu dilaksanakan kegiatan perlombaan yang pesertanya pemuda dan orang tua, baik putra maupun putri.

Sedang hari ini, Minggu, sebagai puncak acara dilaksanakan panjat pinang, dan kegiatan lomba sisa perlombaan ibu-ibu dan bapak-bapak yang kemarin belum beres.

“Agar lebih meriah kita hibur juga warga dengan panggung dangdutan,” ujar Enang seraya menyebutkan, rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT RI ini akan diakhiri dengan tablig akbar yang diisi oleh ustad Rahmat Abdullah Mubarok, S.Pd.I., dari Silatunda Kutawaringin, dan tim Hadroh dari Muara Madami Cikoneng.

Tokoh masyarakat setempat, H. Dadang Rahmat, S.Pd., M.M., mengapresiasi kemeriahan perayaan HUT RI ke-78 tersebut. Apalagi animo masyarakat sejak hari Kamis sampai puncak acara dihari Minggu ini sangat antusias untuk mengikuti setiap kegiatan.

“Alhamdulillah masyarakat di sini kompak. Warga dan aparat pemerintah desa mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Mudah-mudahan momen seperti ini terus dipertahankan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, perwakilan KKN Mahasiswa Universitas Langlang Buana (UNLA) Bandung, Rifki Setiawan, yang kebetulan saat itu sedang melaksanakan KKN di Desa Sukajadi, menilai masyarakat sangat antusias merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-78.

“Kami juga ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan warga dalam memeriahkan HUT RI ke-78 ini,” ujarnya.

Rifki dan rekan-rekannya saat ini sedang melaksanakan KKN di Desa Sukajadi. Program kerjanya menyelesaikan beberapa kegiatan mulai dari angket sampai kegiatan yang terkait dengan lingkungan, seperti bersih-bersih sampah.

“Alhamdulillah masyarakat di sini kompak, dan juga respek atas kehadiran kami,” tutupnya.

Lily Setiadarma