BAZNAS Cianjur Bantu Warga dan Ponpes yang Mengalami Musibah Kebakaran di Sukaluyu

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur, H. Tata, A.Pi., MM, saat menyerahkan bantuan kepada penyintas kebakaran, Mak Ipah dan putranya Opan di Kampung Pasirbitung, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur menyalurkan bantuan untuk warga dan pondok pesantren di Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, yang mengalami musibah kebakaran.

Bantuan yang langsung diserahkan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur, H. Tata, A.Pi., MM, didampingi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Sukaluyu itu diserahkan di masing-masing lokasi bencana kebakaran, Jum’at (17/9/2023).

Pertama, penyintas kebakaran di Kampung Pasirbitung, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu. Di kampung ini dua rumah milik ibu dan putranya, yakni Mak Ipah (69) dan Opan (47) mengalami musibah kebakaran hingga rumah mereka ludes terbakar. Bersyukur tak ada korban jiwa, karena rumah sedang kosong, ditinggalkan penghuninya yang bekerja di sawah.

“Kami ikut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa Ibu Ipah dan Pak Opan ini. Mudah-mudahan diberikan kesabaran oleh Allah SWT, dan bisa secepatnya membangun kembali rumah yang terbakar,” ujar Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur, H. Tata, saat menyerahkan santunan dan bantuan sembako, kasur dan pakaian layak pakai kepada Mak Ipah dan Opan.

Opan pun menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Cianjur dan para muzaki yang telah memberikan bantuan tersebut. “Saya atas nama keluarga mengucapkan terima kasih atas kepedulian BAZNAS dan para muzaki. Mudah-mudahan amal kebaikan yang telah diberikan mendapat pahala berlipat dari Allah SWT,” ujar Opan.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur, H. Tata, A.Pi., MM, saat menyerahkan bantuan kepada pimpinan Ponpes Darul Muchtar Arroissiyah, Ustadz Dandi M. Jahidi, di Kampung Pasirsereh, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

Kedua, kebakaran yang menimpa Pondok Pesantren Darul Muchtar Arroissiyah di Kampung Pasirsereh, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu. Musibah Kebakaran yang dialami pesantren tersebut terjadi Agustus lalu, dan kini dari bangunan yang terbakar hanya tersisa dinding-dinding temboknya saja, sedangkan plafon, atap dan kusen, habis terbakar.

Untuk membantu mengurangi beban pengelola ponpes atas musibah tersebut, Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata menyalurkan bantuan dana, selimut, sajadah, kain sarung dan alat-alat kebersihan, yang diterima oleh pimpinan Ponpes Darul Muchtar Arroissiyah, Ustadz Dandi M. Jahidi.

“Bantuan ini titipan dari para muzaki yang menyalurkan ZIS-nya melalui BAZNAS. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Dan mudah-mudahan pula musibah ini menjadi awal perkembangan ponpes yang lebih berkembang lagi ke depannya,” ujar H. Tata.

Pimpinan Ponpes Darul Muchtar Arroissiyah, Ustadz Dandi M. Jahidi, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan para muzaki melalui BAZNAS Kabupaten Cianjur.

“Mudah-mudahan kebaikan ini menjadi amal ibadah yang akan mendapat limpahan pahala dari Allah SWT,” ujarnya.

Asep R. Rasyid