Giat TMMD Ke-118 Kodim 0608/Cianjur, Renovasi Rutilahu Capai 95 Persen

Salah satu renovasi rutilahu oleh Satgas TMMD ke-118 Kodim 0608/Cianjur di Desa Bungbangsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, yang sudah mencapai 95 persen hingga Rabu (4/10/2023).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0608/Cianjur di Desa Bungbangsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, sudah mencapai 95 persen, Rabu (4/10/2023).

Hal ini terlihat dari kesibukan sejumlah anggota Satgas TMMD bersama warga yang sedang melaksanakan finishing dengan mengecat dan perbaikan lainnya di salah satu sasaran, yakni rumah milik Mak Eni di Kampung Cijayanti RT 02/01, Desa Bungbangsari, Kecamatan Takokak.

Salah seorang Satgas TMMD Kodim 0608/Cianjur, Sertu Dedi, menuturkan, saat ini satu dari dua rutilahu yang direnovasi sedang dalam penyelesaian akhir. Sementara untuk pengecatan menggunakan cat warna hijau atau hijau muda sesuai dengan warna identitas TNI.

“Sudah hampir 95 persen, dan tinggal perbaikan sedikit-sedikit. Pengecatan juga sudah dilakukan dengan warna hijau sesuai identitas TNI,” ujar Sertu Dedi.

Pemilik rumah, Mak Eni, mengaku senang karena akan segera memiliki rumah baru yang diperbaiki TNI. Ia pun mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan TNI tersebut.

“Terima kasih, saya tidak bisa membalas, biar Allah saja yang membalas kebaikan Bapak-bapak TNI yang telah memperbaiki rumah saya. Saya sangat senang. Rumah saya sudah bagus,” ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan pembangunan dalam TMMD ke-118 Kodim 0608/Cianjur itu meliputi sasaran pembangunan fisik dan non Fisik. Untuk sasaran fisik, antara lain betonisasi jalan desa sepanjang 2.080 m dengan lebar 3 M, rehab rutilahu 2 unit dengan ukuran 6×4 m, rehab mushola 1 unit, rehab madrasah 1 unit, pembuatan MCK 1 unit, dan pembuatan pos ronda sebanyak 2 unit.

Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan wasbang, tibmas, hukum, pertanian, perkebunan, KB Kes Posyandu, stunting, posyandu PTM, dan penyuluhan UMKM.

Asep R. Rasyid