Rakercab Abpednas 2023, Ketua Firmansyah Lesmana: Abpednas Apresiasi 13 Program Unggulan Pemkab Bandung

Ketua Abpednas Kabupaten Bandung, Firmansyah Lesmana, saat memberikan sambutan dalam Rakercab Abpednas Kabupaten Bandung di Gedung Moh. Toha, Komplek Pemkab Bandung, Sabtu (7/10/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Untuk merumuskan program kerja tahun 2023, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Bandung menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Gedung Moh. Toha, Komplek Pemkab Bandung, Sabtu (7/10/2023).

Rakercab bertema “Optimalkan peran dan fungsi BPD dalam mendukung Visi dan Misi Bupati Bandung” itu diikuti 124 peserta perwakilan Abpednas Kecamatan se-Kabupaten Bandung, yang juga dihadiri Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung, H. Tata Irawan, dan para camat.

Ketua Abpednas Kabupaten Bandung, Firmansyah Lesmana, S.IP., mengatakan, dalam rakercab yang juga diisi workshop peningkatan kapasitas BPD itu akan membahas dua hal penting.

“Pertama, mengevaluasi program kerja yang sudah kita laksanakan setahun yang lalu, dan kedua, merencanakan agenda atau program setahun ke depan,” ujar Firmansyah seraya menyebutkan bahwa perhatian Bupati Bandung kepada pemerintahan desa, termasuk BPD, sangat luar biasa.

“Selain silaturahmi sesama BPD se Kabupaten Bandung, dalam rakercab ini juga kami berharap bagaimana rekan-rekan BPD ini bisa satu suara dalam rangka membangun Kabupaten Bandung yang lebih BEDAS lagi,” katanya.

Firmansyah juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Kabupaten Bandung dengan 13 belas program unggulannya, yang tentu sudah bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan ke depannya BPD menjadi bagian yang tak terpisahkan dan menjadi mitra strategis pemerintah,” kata Firmansyah.

Ketua BPD Desa Tenjolaya, Itep Zaeni, SE, menyampaikan harapannya agar melalui rakercab ini BPD se Kabupaten Bandung bisa lebih solid, di samping terbangunnya sinergitas yang kondusif antara BPD dan pemerintah desanya masing-masing.

Hal senada disampaikan Ketua Abpednas Kecamatan Pasirjambu, H. Wardiat Daryatna, S.Pd., yang mengapresiasi tugas dan fungsi BPD, termasuk sinergitasnya dengan kepala desa.

“Ada memang yang beranggapan BPD kurang kerja, padahal di lapangan saya lihat BPD sudah semaksimal mungkin menjalankan tugas dan fungsinya,” katanya.

Ketua BPD Malasari, Kecamatan Cimaung, Aep Karyawan, SE, juga menyampaikan harapannya agar rakercab ini dapat meningkatkan wawasan dan mempererat ikatan silaturahmi di antara anggota BPD dan pengurus Abpednas.

“Mudah-mudahan setelah rakercab ini, BPD di desanya masing-masing bisa semakin baik dalam menjalankan perannya sebagai kontroling, sebagai pengawas, dan penampung aspirasi masyarakat desa,” ujar Aef.

Lily Setiadarma