Wisuda Gelombang III Tahun 2023, UPI Luluskan 6.407 Mahasiswa

Ratusan wisudawan UPI saat mengikuti wisuda di Gedung Gymnasium UPI, Jalan Dr. Setiabudhi Kota Bandung, Kamis(12/10/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Dalam wisuda Gelombang III Tahun 2023, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mewisuda 6.407 orang mahasiswa yang dilaksanakan selama tiga hari, Selasa-Kamis (10-12/10/2023) di Gedung Gymnasium UPI Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Kota Bandung.

Para wisudawan tersebut terdiri atas lulusan jenjang D-3 (Diploma) 157 orang, lulusan S-1 (Sarjana) 5.401 orang, lulusan S-2 (Magister) 674 orang, dan lulusan S-3 (Doktor) 175 orang.

Dari wisudawan sebanyak itu tercatat 18 orang mahasiswa internasional pada jenjang S1, S2 dan S3. Mereka berasal dari Italia, Cina, Ghana, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Thailand.

Rektor UPI, Prof. Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., dalam sambutannya mengatakan, wisuda merupakan momen penting yang mencerminkan pencapaian luar biasa para lulusan. Mereka bukan hanya sekadar menerima gelar akademik, tetapi juga menerima kunci untuk pintu masa depannya.

“Universitas Pendidikan Indonesia adalah tempat di mana para lulusan UPI tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, mengasah kemampuan kepemimpinan, dan menemukan hasratnya. Mereka telah menjadi bagian dari komunitas yang mendukung dan menginspirasi satu sama lain,” ujar Prof. Solehuddin.

Ia mengungkapkan, jumlah lulusan pada Wisuda Gelombang III tahun ini merupakan yang terbanyak, yakni 6.407 orang. Dari lulusan tersebut terdapat sejumlah mahasiswa internasional, yang mengindikasikan bahwa UPI semakin terekognisi oleh dunia internasional.

“Upaya ini tentu harus ditingkatkan lagi karena belum memenuhi harapan kita. Jadi kalau misalnya kita berharap ada 1% mahasiswa internasional dari seluruh mahasiswa UPI, berarti sekian puluh ribu orang dan itu masih kurang,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Rektor, perlu memperluas informasi kepada khalayak luas. “Namun kita juga harus menjaga kualitas, karena dengan terjaganya kualitas secara otomatis akan menjadi alat bagi kita untuk menebarkan nama UPI keseluruhan,” harapnya.

Lily Setiadarma