Wabup Sukabumi Hadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin mencanangkan kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI, yang disiarkan melalui zoom meeting dari Taman Pancasila, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Rabu (1/11/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri beserta Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI Tahun 2023 di Gudang Ketahanan Pangan Kostrad, Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (1/11/2023).

Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan itu sendiri dicanangkan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin yang disiarkan melalui zoom meeting dari Taman Pancasila, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI yang tahun ini bertemakan “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan secara serentak di 384 titik di seluruh Indonesia.

Menurut Wapres, kegiatan gerakan ketahanan pangan yang digagas oleh TNI ini merupakan langkah untuk menguatkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Ini merupakan jawaban terhadap persoalan-persoalan ketersediaan pangan yang dihadapi global atau dunia, tentunya kita Indonesia tidak ingin terjadi krisis pangan,” kata Wapres.

Wabup Sukabumi Iyos Somantri beserta Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa saat mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI Tahun 2023 di Gudang Ketahanan Pangan Kostrad, Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (1/11/2023).

Karena itu, lanjut Wapres, Pemerintah Republik Indonesia akan terus berupaya untuk memanfaatkan lahan yang tidak produktif menjadi lahan produktif dengan menanam beberapa komoditas hasil pertanian. “Kita ingin mengoptimalkan semua lahan tidur menjadi lahan produktif,” ujarnya.

Sementara itu, Wabup Sukabumi Iyos Somantri sangat mengapresiasi jajaran Kostrad yang telah bersinergi dengan Pemkab Sukabumi dalam mengolah lahan pertanian khususnya pertanian jagung di Kecamatan Ciemas yang menunjang ketahanan pangan nasional.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi saya sampaikan apresiasi kepada jajaran Kostrad khususnya kepada Pangkostrad yang selama ini telah melakukan sinergi dan kolaborasi mengolah lahan kurang lebih 1.100 hektar yang ada di Kecamatan Ciemas ini,” ungkapnya.

Iyos berharap dengan adanya lahan pertanian yang dikelola TNI itu bisa merubah ekonomi para petani khususnya petani di Ciemas menjadi lebih sejahtera dan lebih baik.

“Mudah-mudahan sinergitas yang telah terbangun dengan baik ini terus berlanjut, dan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan para petani,” katanya.

Ujang S. Chandra