Jelang Konferensi, 3 Balon Ketua PWI Kabupaten Bandung Adu Gagasan

Ke 3 balon Ketua PWI Kabupaten Bandung, Iwa Ahmad Sugriwa (kiri), Lutfi Ahmad Mauludin (tengah) dan Rd. Dani Rahmat Nugraha, photo bersama usai penandatanganan pakta integritas pada acara dialog adu gagasan di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung. Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Tiga bakal calon (balon) ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung mengikuti dialog dan adu gagasan terkait visi misi mereka untuk kemajuan PWI Kabupaten Bandung Periode 2023-2026, di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung Jalan Ciloa No. 1, Soreang, Kabupaten Bandung, Jum’at (3/11/2023).

Ke 3 balon ketua yang mengikuti dialog dan adu gagasan tersebut yakni Rd. Dani Rahmat Nugraha, Iwa Ahmad Sugriwa, dan Lutfi Ahmad Mauludin. Mereka akan dipilih dalam Konferensi PWI Kabupaten Bandung yang dijadwalkan pada 14 November 2023 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung, H. Yosep Nugraha, yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyambut baik dan mengaku merasa bangga di tahapan Konferensi PWI Kabupaten Bandung ada dialog penyampaian gagasan, pemikiran, visi misi dari para kandidat Ketua PWI Kabupaten Bandung.

“Memang leadership di organisasi apapun itu penting memiliki pemikiran ke depan, visioner. Saya bukan murid Rocky Gerung tapi kalau Rocky Gerung mengatakan, pikiran itu harus diaduk, harus dipertarungkan. Karena kalau tidak dipertarungkan itu hanya do’a kata dia,” ujar Yosep kepada awak media usai menghadiri acara tersebut .

Menurut Yosep, adu gagasan seperti itu penting agar semua anggota PWI mengetahui apa yang akan dilakukan ketua terpilih nanti. Karena itu, ketika tahu pemikirannya dari awal, anggota PWI tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing. Karena memang tidak semua calon sempurna.

Oleh karena itu, lanjut Yosep, siapa pun yang akan menjadi ketua PWI Kabupaten Bandung periode berikutnya, para anggota itu bisa memberikan kontribusi pemikiran positif untuk membangun PWI yang lebih baik ke depan.

Kadiskominfo Kabupaten Bandung, H. Yosep Nugraha.

”Saya berharap sebagaimana tadi yang disinggung dalam dialog, kepemimpinan baru dapat membawa PWI menjadi organisasi profesi wartawan yang memiliki kebebasan yang bertanggungjawab,” katanya.

Kebebasan yang bertanggung jawab tersebut, lanjut Yosep, tak lain adalah independensi, tidak terintervensi oleh siapapun, oleh pikiran apapun. Tapi kebebasan bukan kebebasan yang tanpa batas, namun kebebasan yang dibatasi oleh norma, oleh etika dan sebagainya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Pers, termasuk Kode Etik Jurnalistik.

“Siapapun yang nanti yang terpilih menjadi Ketua PWI Kabupaten Bandung, kami terbuka untuk melakukan kerja sama,” kata Yosep Nugraha.

Lily Setiadarma

Konferensi PWI Kabupaten Bandung 2023