Hadiri Wisuda S1 STAI Palabuhanratu, Wabup Sukabumi Sebut Pendidikan Islam Fondasi Penting Pembentukan Karakter Masyarakat

Wabup Sukabumi Iyos Somantri saat memberikan sambutan dalam Wisuda S1 STAI Palabuhanratu Angkatan XVII Tahun Akademik 2022-2023 di Grand Inna Samudera Beach Hotel, Palabuhanratu, Sabtu (4/11/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Palabuhanratu dalam rangka wisuda sarjana S1 Angkatan XVII Tahun Akademik 2022-2023 di Grand Inna Samudera Beach Hotel, Palabuhanratu, Sabtu (4/11/2023).

Dalam acara wisuda bertemakan “Peningkatan Kualitas Sarjana Pendidikan Islam yang Kontributif dan Solutif Bagi Pengembangan Masyarakat yang Berkemajuan” itu diikuti 41 wisudawan dan wisudawati Prodi (Program Studi) Pendidikan Agama Islam.

Ketua STAI Palabuhanratu Budi Munawar Hutomi menyebutkan bahwa lulusan STAI Palabuhanratu mampu berkompetisi dengan lulusan lain dan sudah tersebar ke beberapa wilayah.

“Alhamdulilah dari mulai kita berdiri sampai saat sekarang, kita telah meluluskan kurang lebih 5.000 alumni yang tersebar ke beberapa daerah di seluruh Indonesia dan memiliki kompetensi untuk bersaing,” jelas Budi Munawar.

Sementara itu, Wabup Sukabumi Iyos Somantri menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan-wisudawati yang hari ini telah melaksanakan wisuda.

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Palabuhanratu yang turut aktif membangun Kabupaten Sukabumi di bidang peningkatan mutu pendidikan hingga berkembang sebagaimana kondisi saat ini,” ungkap Iyos.

Menurut Wabup, Pendidikan Islam adalah fondasi penting dalam pembentukan karakter, etika, dan nilai-nilai dalam masyarakat.

“Sarjana Pendidikan Islam diharapkan tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga berperan dalam membangun masyarakat yang inklusif, harmonis, dan berkelanjutan yang mampu beradaptasi dengan tuntutan yang bersifat dinamis pada era globalisasi ini,” tutur Wabup.

Oleh karena itu, lanjut Iyos, lulusan STAI diharapkan mampu berperan aktif dalam ikhtiar untuk mengembangkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang semakin lebih baik, khusunya mencakup peningkatan taraf pendidikan, pemahaman dan pengamalan agama.

Ujang S. Chandra