Sambil Bagikan Sembako, Bupati Sukabumi Mancing Bersama Warga di Situ Cisuba

Bupati Sukabumi Marwan Hamami ikut Mancing Bersama Warga dalam rangka Hari Bakti PU ke-78 di Situ Cisuba, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (26/11/2023).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri kegiatan Mancing Bersama Warga dalam rangka Hari Bakti PU ke-78 di Situ Cisuba, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (26/11/2023).

Diawal kegiatan Bupati Sukabumi menyerahkan bantuan berupa sembako bagi jompo dan santunan bagi anak yatim/piatu serta menyerahkan KTP elektronik kepada sejumlah pelajar, dilanjutkan dengan menebar ikan mas dan nila di Situ Cisuba untuk dipancing ratusan warga.

Bupati mengatakan, kegiatan memancing bersama masyarakat ini merupakan salah satu cara untuk mengekplorasi situ-situ yang ada di Kabupaten Sukabumi. Sebab, memancing merupakan kegiatan yang sangat disukai hampir semua kalangan, baik kalangan muda maupun orang tua.

“Ini merupakan salah satu upaya mengenalkan objek wisata. Kenapa dengan memancing? Memancing itu, semua usia ada. Lewat kegiatan semacam ini, komunikasi dua arah bisa tersampaikan secara baik,” ujar Marwan di sela-sela kegiatan.

Selain itu, lanjut Bupati, kegiatan tersebut juga dijadikan ajang evaluasi tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU), terutama di bidang perairan.

“Di Dinas PU ini ada PSDA yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan situ dan irigasi. Jadi kegiatan ini sekaligus melihat secara langsung situ itu sudah termanfaatkan atau tidak untuk pemberdayaan pertanian. Karena selain pariwisata, juga bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” ucapnya.

Tak hanya itu, katanya lagi, keberadaan situ pun bisa bermanfaat besar bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat setempat. Apalagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya menyebarkan bibit ikan di sejumlah situ.

“Kami mencoba menyebarkan bibit ikan ke sejumlah situ. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan lingkungan, sekaligus menyediakan protein bagi masyarakat,” ujar Marwan.

Kegiatan di momen Hari Bakti PU ke 78 itu, memang tidak sekadar memancing. Namun juga ada berbagai aksi sosial hingga perekaman administrasi kependudukan, serta kegiatan ke-PU-an seperti peresmian jalan dan jembatan.

Ujang S. Chandra