Jalin Sinergitas Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan, Bupati Bandung Gelar Rembug Bedas di Desa Alamendah

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menghadiri Rembug Bedas di Pontren Al Ittifaq, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (27/11/2023) sore. Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna kembali melaksanakan Rembug Bedas. Kali ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (27/11/2023) sore.

Rembug Bedas ini merupakan langkah Bupati Bandung dalam rangka merekatkan silaturahmi, membangun partisipasi, mendengar aspirasi dan memberi solusi guna meningkatkan pembangunan ekonomi di Kabupaten Bandung.

Kepala Desa Alamendah H. Awan Rukmawan mengungkapkan rasa syukurnya Rembug Bedas kali ini dilaksanakan di desanya, tepatnya di Pontren Al Ittifaq.

Dalam Rembug Bedas itu Bupati Bandung memaparkan 13 program unggulannya. Dari ke 13 program itu, 3 program di antaranya diakui Kades Alamendah sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Alamendah, seperti meningkatnya ekonomi warga desa.

“Dalam kegiatan Rembug Bedas ini Pak Bupati juga memberikan motivasi dan solusi untuk memajukan desa, mengembangkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar Awan Rukmawan kepada Wartaparahyangan.com saat ditemui usai kegiatan Rembug Bedas di Pontren Al Ittifaq.

Kembangkan Budidaya Stroberi

Awan menyebutkan, di desanya terdapat 30 kelompok petani. Mereka diberikan bantuan modal yang bersumber dari Dana Desa (DD) masing-masing Rp 20 juta per kelompok. Karena kebanyakan petani di Desa Alamendah membudidayakan stroberi, maka saat ini di desa tersebut terdapat 3.000 polibag tanaman stroberi dengan asumsi hasil panen 40-50 kg/bulan.

“Kita targetkan tahun 2024, dari hasil panen stroberi, akan masuk sumbangan ke kas RW sebesar Rp5 juta/bulan. Dana itu untuk memudahkan kegiatan di lingkungan RW, selain untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di lingkungan RW masing-masing, sehingga ke depannya Desa Alamendah betul-betul menjadi desa mandiri,” ungkapnya.

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Alamendah H. Awan Rukmawan pada acara Rembug Bedas di Pontren Al Ittifaq, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (27/11/2023) sore. Foto Lily Setiadarma

Selain itu, lanjut Awan, di desanya juga ada pengusaha milenial, dengan KUPS Awi Langit, yang juga sebagai pemilik Awana Resort yaitu Gita Riawanti.

“Alhamdulillah sudah menyumbang kegiatan di tahun 2023 ini sebesar Rp200 juta melalui kegiatan bakti sosial, pembangunan lingkungan jalan gang, rutilahu dan lainnya,” ujar Kades Alamendah.

Ketua Forum RW Desa Alamendah Apep Setiawan, mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bandung, khususnya Bupati Bandung Dadang Supriatna yang telah melaksanakan berbagai program, terutama di bidang ekonomi dan program bantuan kesejahteraan guru ngaji, insentif untuk para ketua RW dan bantuan dana bergulir tanpa agunan.

“Untuk ke depan, kami berharap ada bantuan pupuk. Karena mayoritas petani di Desa Alamendah membudidayakan stroberi. Apalagi tidak semua petani memiliki Kartu Tani, sehingga mereka tidak bisa membeli pupuk bersubsidi,” kata Apep.

Sementara itu, Ketua KUPS Awi Langit, Gita Riawanti, menjelaskan, KUPS Awi Langit yang bergerak di bidang pariwisata sejak sekitar dua tahun lalu, pada 2023 telah memberikan berkontribusi kepada Pemerintahan Desa Alamendah sebesar Rp200 juta. Itu diberikan dari hasil usaha yang dimiliki KUPS Awi Langit dan Awana Resort.

“Jadi dari pendapatan Awana Resort dan Awi Langit itu saya sisihkan untuk membantu pembangunan di Desa Alamendah, termasuk untuk renovasi rutilahu dan kegiatan sosial lain seperti membantu korban kebakaran dan santunan anak yatim,” kata Gita.

“Pada 2024 pun, saya akan berupaya berkontribusi kepada masyarakat dan Pemerintahan Desa Alamendah,” ujar Gita seraya berterima kasih kepada Kepala Desa Alamendah atas bimbingan dan pendampingannya kepada KUPS Alamendah dan KUPS Awi Langit.

Lily Setiadarma