Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Asmara Hadiri Sosialisasi Kesehatan Haji

Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara (tengah), saat menghadiri Sosialisasi Kesehatan Haji di GOR Surken, Jl. Pabuaran, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyon, Kota Sukabumi, Senin (27/11/2023).

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Dewi Asmara, SH, MH, menghadiri Sosialisasi Kesehatan Haji di GOR Surken, Jl. Pabuaran, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyon, Kota Sukabumi, Senin (27/11/2023).

Dalam kegiatan yang digelar Pusat Kesehatan Haji dan Komisi IX DPR RI itu juga tampak hadir Kepala Pusat Kesehatan Haji yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan H. Imron Cahyono, St., Mkes, dan Pengelola Program Kesehatan Haji dari Dinkes Jabar Dedi Supriadi, SKM.

Juga hadir Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, H. Hasen, M.Si., Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi, Drg. Wita Darmawanti, MMrs, serta Kasi Survey Imunisasi Dinkes Kota Sukabumi, M. Evi Rianti, SKM.

Dalam sambutannya, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara, menyampaikan bahwa kita sebaiknya berhaji kalau memang mampu, dan jangan memaksakan diri, dan menjual segala-galanya. Sebab nantinya sepulang berhaji, kita bisa mengalami kesulitan dalam hidup.

“Yang paling penting kalau mau berhaji menyiapkan kesehatan. Kenapa seperti itu, karena haji itu harganya mahal. Makanya banyak yang akhirnya umroh terlebih dahulu. Karena umroh itu seperti haji kecil, memang ibadahnya sama, kecuali tidak melontar jumroh dan bermalam di Arapah,” ungkapnya.

Bagi yang akan berangkat haji, Dewi Asmara menyarankan agar sebelumnya menyiapkan kesehatannya, seperti mengatur pola makan dan rajin berolahraga. Terlebih bagi orang yang berusia 45 tahun ke atas, kurangilah yang namanya garam, gula, dan lemak.

“Kita semua rata-rata seneng makan ikan asin, tapi kalau sudah berumur bisa menimbulkan darah tinggi, kerena itu kurangilah, terlebih bagi yang akan menunaikan ibadah haji,” saran Dewi Asmara.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Sukabumi H. Hasen, M.Si., yang juga caleg DPRD Kota Sukabumi dari Dapil 2 (Kecamatan Baros, Cibeureum dan Lembursitu), ketika ditemui di sela-sela kegiatan, menyambut positif Sosialisasi Kesehatan Haji yang diikuti sekitar 500 warga tersebut.

“Alhamdulilah, masyarakat antusias menghadiri sosialisasi kesehatan ini, karena ini menyangkut penyuluhan kesehatan, dan juga ada beberapa pelayanan yang tersedia dalam kegiatan ini, yakni pelayanan kesehatan haji gratis bagi calon haji tahun 2024. Saya juga bekerja sama dengan Kementerian Agama Kota Sukabumi, sehingga pada hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon jemaah haji tahun 2024 secara gratis,” tutur Hasen.

Mudah-mudahan, lanjut Hasen, kegiatan tersebut bermanfaat dan berkah bagi warga masyarakat Kota Sukabumi.

Jenal