Pemdes Lebakmuncang Salurkan BLT-DD kepada 149 KPM Masing-masing Rp900.000

Sekretaris Kecamatan Ciwidey Aam Rahmat (tengah), didampingi Kades Lebakmuncang Imas Masopah, saat memberikan sambutan pada penyaluran BLT-DD di Kantor Desa Lebakmuncang, Kamis (7/12/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Pemerintah Desa (Pemdes) Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 3 tahun 2023 di Kantor Desa Lebakmuncang, Kamis (7/12/2023).

Turut hadir dalam penyaluran BLT-DD yang dibuka Kepala Desa Lebakmuncang Imas Masopah itu antara lain Sekretaris Kecamatan Ciwidey, Aam Rahmat, S.Sos., M.Si., Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Kecamatan dan Ketua BPD Desa Lebakmuncang.

Penyaluran BLT-DD tersebut dilaksanakan oleh Kasi Kesejahteraan yang didampingi Kaur Keuangan Desa Lebakmuncang, serta diberikan kepada 149 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT-DD untuk 3 bulan, sehingga masing-masing KPM menerima Rp900.000,00.

Kades Lebakmuncang Imas Masopah mengucapkan rasa syukurnya karena Pemdes Lebakmuncang hari ini bisa menyalurkan BLT-DD untuk 149 KPM dari 29 RW yang ada di desanya. “BLT-DD ini untuk bulan Juli, Agustus dan September 2023,” katanya.

Untuk teknis pelaksanaan pembagiannya, lanjut Imas, berbeda dengan sebelumnya di mana pembagian disatukan tempatnya. Sedangkan pelaksanaan sekarang di jadwal perdusun secara bergiliran karena ingin kegiatan penyaluran BLT itu dibarengi dengan sosialisasi tentang Pemilu.

“Jadi di jam pertama kita salurkan BLT-DD ini dusun satu, kemudian jam kedua di dusun 2, begitu seterusnya hingga dusun 6. Jadi biar fokus kita sambil memberikan penyuluhan tentang Pemilu kepada warga masyarakat, sehingga nanti para KPM dapat menjadi corong untuk memberikan pengetahuan tentang Pemilu kepada masyarakat yang lain, sehingga nanti partisipasi dalam memberikan hak pilihnya bisa lebih meningkat,” tutur Imas.

Kades Lebakmuncang Imas Masopah (kemeja hitam) saat secara simbolis memberikan bantuan BLT-DD tahap 3 tahun 2023 kepada salah satu KPM di Kantor Desa Lebakmuncang, Kamis (7/12/2023). Foto Lily Setiadarma

Kades Lebakmuncang berharap, para KPM yang menerima BLT-DD tersebut dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk membuka usaha agar ditahun depan mereka tak lagi menerima BLT-DD, sehingga BLT-DD bisa digilirkan kepada warga lainnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Ciwidey Aam Rahmat mengatakan, hari ini pihaknya melaksanakan monitor pembagian BLT yang dilaksanakan di Desa Lebakmuncang, Desa Rawabogo dan di Desa Nengkelan.

“Ini adalah BLT dari bantuan DD 2023, yang merupakan salah satu program pemerintah pusat. Alhamdulillah hal itu berkesinambungan dengan visi misi Pak Bupati, yakni mewujudkan Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera (Bedas), khususnya visi kelima yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan prinsip keadilan dan keberpihakan kepada kelompok masyarakat lemah,” ungkapnya.

Mudah-mudahan ke depan, lanjut Aam Rahmat, masyarakat bisa lebih sejahtera dan kebutuhan pokoknya sehari-hari bisa terpenuhi. “Semoga bantuan ini menjadi berkah bagi masyarakat,” katanya.

Salah seorang KPM BLT-DD, Aep Saepudin, mengucap terima kasih kepada Pemdes Lebakmuncang, terutama Kades Lebakmuncang Imas yang telah memberikan bantuan tersebut. Rencananya uangnya itu akan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, dan sebagian lagi akan dipakai modal untuk membeli obat pertanian.

“Alhamdulilah penerimaan BLT-DD ini tidak ada pemotongan sedikit pun. Saya terima uang BLT ini utuh sebesar Rp900 ribu,” ujar Aep

Lily Setiadarma