Kecamatan Rancabali Laksanakan Program KARASA, Camat Kankan Taufik: Ini untuk Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

Camat Rancabali Kan Kan Taufik Bernawan (memakai rompi hitam) saat melaksanakan program KARASA di Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga di wilayah kerjanya, Camat Rancabali, Kabupaten Bandung, Kankan Taufik Bernawan, S.IP., melaksanakan program KARASA, atau akronim dari Kecamatan Ngantor di Wilayah Desa.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari amanat Bupati Bandung Dadang Supriatna agar semua camat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

“Jadi pelayanannya jemput bola, kita datang ke RW, melayani warga mulai dari pengurusan KK, KTP, akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, dan administrasi kependudukan lainnya, semua kita laksanakan di tingkat RW,” jelas Kankan kepada Wartaparahyangan.com di sela-sela kegiatan Sosialisasi Penerapan Manajemen Resiko, di eMTe Highland Hotel Rancabali, Selasa (12/12/2023).

Menurut Kankan, pelaksanaan program KARASA baru berjalan di Desa Alamendah. Di desa ini, dari 22 RW yang ada sudah masuk 1.035 berkas permohonan dari warga setempat.

“Alhamdulillah kemarin semua berkasnya sudah selesai, sudah kita bagikan kepada warga,” kata Kankan seraya bersyukur programnya tersebut mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Untuk menunjang program KARASA, Kasi dan petugas Kecamatan Rancabali turut ke lapangan untuk pencatatan data.

Menurut Kankan, dengan dilaksanakannya Program KARASA tersebut, warga dapat terlayani dengan baik. Bahkan warga tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk datang ke kecamatan. Tapi aparat kecamatan yang mendatangi mereka. Begitu juga berkas yang diurus ya sudah selesai, pihak kecamatan mengantarkan ke rumah warga bersangkutan.

Selain itu, lanjut Camat Rancabali, kegiatan-kegiatan yang mengundang banyak warga tidak lagi dilaksanakan di kantor kecamatan, seperti sosialisasi program. Tapi pihak kecamatan sendiri yang menyampaikannya kepada di lingkungan RW. “Jadi manfaat program KARASA ini cukup banyak,” katanya.

Khusus pelaksanaan program KARASA di Desa Alamendah, berkas-berkas permohonan adminduk yang diajukan warga bisa lebih cepat diselesaikan, karena kebetulan di Desa Alamendah sudah tersedia Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dipasang Disdukcapil Kabupaten Bandung.

“ADM ini sudah berjalan. Makannya kemarin itu banyak permohonan pembuatan adminduk dari warga yang kita cetak di mesin ADM tersebut,” ujar Kankan.

Semua kegiatan yang dilaksanakan melalui program KARASA itu, kata Camat, merupakan upaya pihaknya untuk mengoptimalkan perwujudan program-program dari Bupati Bandung, yang salah satunya adalah ADM untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan adminduk yang dimohon warga.

“Saya ingin memastikan program unggulan ini berjalan di lapangan. Makannya namanya KARASA, jadi dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara real,” ujar Kankan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna secara simbolis menyerahkan sejumlah dokumen adminduk hasil program KARASA kepada Kepala Desa Alamendah Awan Rukmawan.

“Program KARASA ini nantinya tentu saja akan dilaksanakan di semua desa yang ada di Kecamatan Rancabali. Setelah Alamendah kita bergeser ke Desa Sukaresmi, kemudia Cipelah, terus Indragiri dan Patenggang,” sebut Camat Rancabali.

Sementara itu, Ketua RW 02 Barutunggul, Sunandar, mengucapkan terima kasih kepada Buputi Bandung dan Kepala Disdukcapil atas terselenggaranya program inovasi dari Kecamatan Rancabali yaitu Program KARASA.

“Mudah-mudahan program ini bermanfaat bagi kami selaku warga Desa Alamendah. Terima kasih Rancabali Asri Kabupaten Bandung Bedas Bedas Bedaskeun!” katanya.

Hal senada disampaikan warga RT/RW 02/01 Desa Alamendah, Euis Tuti, yang juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya program inovasi KARASA dari Kecamatan Rancabali.

“Semoga program ini membantu warga RW 01, umumnya warga Desa Alamendah. Terima kasih Pak Camat,” ujar Euis.

Lily Setiadarma