Pegawai RSUD Otista Gelar Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan Rumah Sakit

Sejumlah pegawai RSUD Otista saat melakukan bersih-bersih di halaman IGD, Sabtu (16/12/2023). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Para pegawai RSUD Oto Iskandar Dinata (Otista) Kabupaten Bandung menggelar kerja bakti bersih-bersih lingkungan di halaman dan sekitar rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut, Sabtu (16/12/2023) pagi.

“Ini sebetulnya kegiatan rutin setiap Sabtu, dan hari ini merupakan kegiatan Sabtu ke-4. Teman-teman yang kebetulan tidak sedang bertugas melayani pasien, sebagian turun ke halaman yang luas ini untuk bersama-sama membersihkan sampah, rumput liar dan sebagainya,” jelas Direktur RSUD Otista, dr. H. Yani Sumpena Muchtar, SH., MH.Kes, ketika ditemui Wartaparahyangan.com di lokasi.

Kegiatan tersebut, lanjut Sumpena, juga sebagai edukasi kepada pengunjung RSUD bahwa kita harus menjaga kebersihan. Misalnya dari puntung rokok yang terkadang dibuang begitu saja oleh pengunjung. “Kami ingatkan juga kepada pengunjung bahwa rumah sakit ini salah satu kawasan tanpa asap rokok,” katanya.

Sumpena berharap, melalui kegiatan tersebut juga akan terjalin kekompakan dan komunikasi antar bagian, termasuk dengan dirinya sebagai pimpinan. “Kita juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, serta memberi contoh membuang sampah pada tempatnya,” ujar Sumpena.

Direktur RSUD Otista, dr. H. Yani Sumpena Muchtar (mengenakan topi) saat mengontrol kegiatan bersih-bersih di sekitar IPAL RSUD Otista, Sabtu (16/12/2023). Foto Lily Setiadarma

Ia juga menjelaskan, RSUD Otista yang merupakan milik Pemerintah Kabupaten Bandung itu saat ini statusnya sudah Kelas B dimana fasilitasnya cukup lengkap. Gedungnya saja 6 lantai. Juga polikliniknya banyak, lebih dari 12. Bahkan sudah ada klinik khusus jantung anak. Klinik ini tidak semua rumah sakit mempunyai.

“Rencananya kita akan menjadi unggulan di Jawa Barat. Jadi klinik jantung anak tuh kebetulan kita ada SDM-nya. Di Jawa Barat sendiri ahli jantung anak itu jumlahnya di bawah 10 orang. Kebetulan pula di RSUD ini lengkap alatnya, lab-nya pun sekarang sudah ada, CT Scannya sudah ada. Jadi semuanya sudah cukup lengkap,” ungkap Sumpena.

Sementara itu, Kepala Instalasi Kesehatan Lingkungan, Ewit Putriana, AMKL, menyebutkan bahwa di bulan Desember ini sudah rutin melaksanakan program Sabtu Bersih. Ini program yang digagas oleh direktur baru yaitu dr. Yani Sumpena.

“Kami melibatkan semua civitas yang ada di RSUD Otista ini. Mudah-mudahan dengan keterlibatan semua pihak akan lingkungan yang bersih. Diharapkan pula kegiatan ini berlangsung secara berkesinambungan,” katanya.

Selain melaksanakan kegiatan bersih-bersih, juga dilaksanakan senam sehat bersama grup senam dari Prasedia RSUD Otista di bawah bimbingan dr. Dini, Spesialis Penyakit Dalam.

Seperti dikatakan Ketua Harian Prasedia RSUD Otista Gunawan JK, bahwa setiap Sabtu pagi dilaksanakan senam sehat. Pesertanya dari masyarakat sekitar. “Kalau lagi rame, yang ikut senam bisa mencapai 75-100 orang, paling sedikit 40 peserta. Ini merupakan kolaborasi bersama masyarakat dengan RSUD Otista,” ujar Gunawan.

Manfaatnya tentu saja untuk kesehatan. Karena kebanyakan yang mengikuti senam itu lansia di atas 50 tahun. “Kita juga kerap mengikuti lomba senam. Seperti kemarin di Subang. Untuk mohon dukungan dari Pak Direktur RSUD Otista,” katanya.

Lily Setiadarma