Cegah Terjadinya Erosi, Anggota Koramil 10/Sukanagara Tanam Pohon di Bantaran Sungai Cibala

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Bantaran Sungai Cibala yang melintasi kota Kecamatan Sukanagara, Cianjur selatan, memang tampak hijau, karena rerumputan yang tumbuh liar. Tapi hal itu tidak akan membuat bantaran sungai tersebut aman dari kemungkinan terjadinya erosi.

Karena itu, jajaran Koramil 10/Sukanagara Kodim 0608/Cianjur, bersama para pemuda dan warga setempat menggelar karya bakti penanaman pohon keras di bantaran Sungai Cibala, tepat di sekitar Kampung Babakan Baru RT/RW 04/01, Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara.

Anggota Koramil 10/Sukanagara bersama warga sedang menanam pohon keras di bantaran Sungai Cibala, tepat di sekitar Kampung Babakan Baru RT/RW 04/01, Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara, Cianjur selatan.

Danramil 10/Sukanagara, Kapten Inf Suhardi, yang memimpin langsung kegiatan karya bakti tersebut berharap dengan ditanamnya pohon-pohon keras di bantaran sungai itu, maka bantaran Sungai Cibala, yang sebagian di antaranya berdekatan dengan rumah-rumah penduduk, akan lebih aman dari kemungkinan terjadinya longsor atau erosi.

Menurut Danramil, penanaman aneka jenis pohon keras dalam momentum Gerakan Indonesia Menanam Pohon, diharapkan menjadi salah satu upaya dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Lebih jauhnya, dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Danramil juga berharap, setelah kegiatan penanaman pohon itu, masyarakat terutama yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lokasi kegiatan, hendaknya dapat ikut memelihara dan menjaga pohon-pohon yang telah ditanam agar dapat tumbuh dengan baik.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat pohon-pohon yang kita tanam ini, jangan sampai ada yang merusak. Ini demi masa depan lingkungan kita. Seban dengan lingkungan hidup yang asri, hidup kita pun akan lebih nyaman dan dekat,” katanya.

Asep R. Rasyid