Bupati Bandung Akui Keberadaan PWI Membantu Pemerintah Daerah

Silaturahmi pengurus PWI dengan Bupati Bandung Dadang Supriatna, Rabu (17/1/2024). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna bersilaturahmi dengan pengurus baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung Periode 2023-2026 di Ruang Rapat Bupati Bandung, Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Rabu (17/1/2024).

Turut mendampingi Bupati Bandung, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Bandung Yosep Nugraha.

Intinya Bupati Bandung menyambut baik kehadiran pengurus baru PWI Kabupaten Bandung, mengingat media massa, organisasi wartawan maupun para wartawan merupakan bagian dari mitra strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dalam upaya memajukan peningkatan pembangunan yang lebih baik lagi.

Bupati pun mengucapkan terima kasih kepada pengurus PWI Kabupaten Bandung. Ia juga mengucapkan selamat kepada pengurus baru PWI Kabupaten Bandung dengan Ketua terpilih Enung D. Susana.

“Selamat bertugas. Semoga tugas PWI betul-betul membawa ke arah yang lebih baik,” kata Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

Kang DS menyebutkan bahwa PWI merupakan organisasi profesi wartawan, sehingga orang-orangnya profesional dan tahu kode etik jurnalistik dan hal lain sebagainya. “Dengan adanya PWI, pemerintah daerah sangat terbantu,” katanya.

Menurut Kang DS, wartawan yang memahami kode etik jurnalistik, tentunya tahu bagaimana membuat sebuah berita atau informasi aktual yang dibutukan oleh masyarakat luas.

“Pemkab Bandung sangat terbuka untuk dikritisi, selama membangun dan sesuai dengan aturan kode etik jurnalistik. Mengkritisi pun harus paham substansi dan regulasi,” katanya.

Bupati Bedas juga berharap PWI bisa lebih eksis hadir di tengah-tengah masyarakat, serta dapat menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Apalagi, lanjut Kang DS, menghadapi Indonesia Emas 2045, tentunya PWI harus menjadi bagian dari upaya bersama dalam persiapan menghadapi Indonesia Emas tersebut.

“Ada lima hal yang menjadi harapan banyak pihak, pertama peningkatan kualitas SDM yang profesional dan paham IT. Kedua, big data, ketiga riset dan development, keempat institusi yang kuat dan kelima mengelola keuangan (anggaran) yang baik. Dalam hal ini, tentunya diharapkan PWI pun berperan sesuai dengan tugasnya,” tutur Kang DS.

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Bandung masuk kategori sehat dalam pengelolaan anggaran. Ia pun menyebutkan APBD Kabupaten Bandung capai Rp 7,4 triliun dari sebelumnya Rp 5,6 triliun. “Ini keberkahan kita semua,” katanya.

Tak hanya itu, Kang DS menyebutkan bahwa pihaknya sudah memberikan pelayanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan kepada 700.000 warga Kabupaten Bandung. “Ini selama 2 tahun 8 bulan saya menjabat Bupati Bandung,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengucapkan terima kasih kepada pengurus PWI Kabupaten Bandung, setelah sebelumnya Enung D. Susana terpilih sebagai Ketua PWI Kabupaten Bandung melalui Konferensi PWI.

Yosep mengungkapkan bahwa Pemkab Bandung ke depan akan terus menjalin kerja sama dengan media, organisasi wartawan dan individu/wartawan. “Akhir bulan ini kita akan melaksanakan silaturahmi kembali dengan para wartawan,” katanya.

Ketua PWI Kabupaten Bandung Enung Susana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang sudah menerima pengurus baru PWI Kabupaten Bandung dalam pelaksanaan silaturahmi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kadisfominfo Kabupaten yang sudah memfasilitasi pertemuan dengan Bupati Bandung.

Enung juga mengucapkan selamat kepada Bupati Bandung yang mendapatkan anugerah budaya dari PWI Pusat. Yaitu, terkait pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal Badawang asal Kabupaten Bandung.

Kepada Bupati Bandung, Enung mengutarakan bahwa pengurus baru PWI Kabupaten Bandung belum tahu persis kapan dilantik karena masih menunggu SK yang dikeluarkan PWI Pusat dan yang melantik PWI Jabar.

“Setelah pelantikan, PWI akan menjalin kerja sama dengan dinas-dinas di Pemkab Bandung. Kita sudah bersilaturahmi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung. Mereka merespon dengan baik,” katanya.

Enung berharap bisa bekerja sama dengan semua dinas atau OPD yang ada di lingkungan Pemkab Bandung.

Di tempat sama, Bidang Olahraga PWI Kabupaten Bandung Saufat Endrawan berusaha untuk mendorong PWI Kabupaten Bandung jadi mitra dengan Pemkab Bandung dalam upaya mendukung program Bupati Bandung.

Sementara Sekretaris PWI Kabupaten Bandung Ecep Sukirman mengungkapkan bahwa PWI Kabupaten Bandung siap bersinergi/bekerja sama dengan sejumlah pihak, di antaranya dalam menyelenggarakan pendidikan jurnalistik bagi kalangan penyelenggara pendidikan di sekolah maupun masyarakat umum.

Hal itu, kata Ecep, untuk memberikan pemahaman kinerja jurnalistik atau wartawan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Lily Setiadarma