77.238 Anggota KPPS se Kabupaten Bandung Ikuti Bimtek, Honornya Dua Kali Lipat dari Pemilu Lalu

Ketua KPU Kabupaten Bandung Syam Zamiat Nursyamsi (tengah) saat memberikan sambutan pada Bimtek KPPS di Desa Panyocokan, Kecamatan Pasirjambu, Jumat (26/1/2024). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Sebanyak 77.238 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kabupaten Bandung yang sudah dilantik, akan ditempatkan di 11.034 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar 280 desa/kelurahan di 31 kecamatan.

“Teman-teman KPPS kemarin tanggal 25 Januari 2024 serentak semua dilantik. Hari ini hingga tanggal 28, mereka mendapat arahan bimbingan teknis dari teman-teman PPK dan PPS untuk pembekalan nanti di TPS ketika mereka melakukan kegiatan pungsura (pemungutan dan perhitungan suara),” ungkap Ketua KPU Kabupaten Bandung Syam Zamiat Nursyamsi, S.Pd., kepada Wartaparahyangan.com saat ditemui usai monitoring Bimtek KPPS di Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey, Jumat (26/1/2024).

Syam mengapresiasi masyarakat Kabupaten Bandung yang sangat antusias untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu 2024. Karena berdasarkan data, tingkat pendaftar yang ingin menjadi bagian dari KPPS cukup tinggi.

“Kita bisa melihat bahwa ternyata masyarakat punya perhatian terhadap Pemilu. Jadi kalau melihat dari kebutuhan dan partisipasi dari pendaftar, menurut saya itu sebanding. Karena memang tingkat partisipasi pemilih sendiri cukup tinggi di Kabupaten Bandung,” ujar Syam.

Hal itu, lanjut Syam, antara lain karena gencarnya sosialisasi Pemilu 2024 secara masif oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kepada masyarakat di level kewilayahan.

“Mereka (PPK) bekerja dengan totalitas, jadi dalam setiap momen apapun baik dalam upacara ataupun momen-momen pengajian di RT/RW selalu antusias dalam mensosialisasikan tentang Pemilu 2024,” katanya.

Syam Zamiat menyebutkan, honor bagi KPPS dalam Pemilu kali ini besarnya dua kali lipat daripada honornya di Pemilu 2019. Untuk Ketua KPPS sebesar Rp1,2 juta dan anggota KPPS Rp1,1 juta dalam satu hari penyelenggaraan Pemilu 2024. Sedangkan di Pemilu 2019, honor yang diberikan bagi anggota KPPS sebesar Rp500 ribu.

Selain itu, kata Syam, Pemerintah Kabupaten Bandung juga akan memberikan jaminan perlindungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada seluruh petugas Pemilu 2024 yang tersebar di 31 kecamatan.

“BPJS tersebut nantinya akan diberikan kepada petugas Pemilu seperti PPK, PPS hingga petugas KPPS di seluruh TPS di Kabupaten Bandung,” katanya.

Lily Setiadarma