Penuhi Kebutuhan Warga, Pemkab Cianjur Menggelar Pasar Pangan Murah

Warga Karangtengah, Cianjur, antri untuk membeli kebutuhan sehari-hari di pasar pangan murah yang digelar di Pasar Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Rabu (21/2/2024).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Dalam rangka menstabilkan pasokan dan harga pangan, terutama beras, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar pangan murah di Pasar Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Rabu (21/2/2024).

“Pangan murah ini untuk memenuhi kebutuhan warga terutama kebutuhan pokok yang dijual dengan harga jauh lebih terjangkau dari harga pasaran saat ini,” kata Bupati Cianjur H. Herman Suherman saat meninjau pasar pangan murah tersebut.

Turut mendampingi Bupati dalam peninjauan itu, Kadis Kuperdagin Kabupaten Cianjur, Kaban Bapperida Kabupaten Cianjur, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Cianjur dan Kabag Adbang Setda Cianjur.

Tujuan pasar murah itu sendiri adalah membantu warga masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan pangan dengan kualitas yang baik seperti beras, minyak goreng, gula, terigu, daging dam telor ayam, sayur mayur dengan harga di bawah pasaran pada umumnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman sedang berbincang dengan salah seorang nenek yang datang ke pasar pangan murah di Pasar Desa Sukamanah, Karangtengah, Cianjur.

“Insyaallah untuk ketersediaan beras kita di Kabupaten Cianjur akan cukup sampai 7 bulan ke depan, dan saya meminta Diskopperdagin bisa mendorong distributor untuk membeli gabah petani dengan harga yang wajar agar gabah beras Cianjur tidak dijual ke luar Cianjur,” kata Herman.

Untuk diketahui bahwa kebutuhan beras perorangan pertahun itu sebanyak 108 kg, dikali jumlah penduduk Cianjur 2,5 juta, maka kebutuhan beras pertahun di Cianjur kurang lebih 280.000 ton.

“Jumlahnya akan meningkat di bulan Ramadhan karena adanya kebutuhan tepung beras untuk aneka kue dan makanan lainnya menjelang Idul Fitri dan zakat fitrah,” kata Bupati Cianjur.

Dalam kegiatan yang merupakan kerja sama Pemkab Cianjur dengan Badan Pangan Nasional, DKPP Jawa Barat dan Bulog itu juga dilaksanakan kegiatan Cek Kesehatan Gratis (Cekas) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Asep R. Rasyid