Bupati Bandung Tarling di Masjid Ashobarna Desa Jatisari

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna melaksanakan safari Ramadan dan tarawih keliling (tarling) di Masjid Ashobarna, Kampung Cipedung RT/RW 03/04 Desa Jatisari, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Rabu (13/3/2024) malam.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna, Ketua Umum MUI Kabupaten Bandung KH. Yayan Hasuna Hudaya, jajaran kepala dinas, kepala badan, para camat se-Daerah Pemilihan I dan jajaran Forkopimcam Kutawaringin, Kepala Desa Jatisari H. Dayat Hidayat, dan tokoh masyarakat Desa Jatisari Birin Sobarna.

“Kegiatan tarling ini sudah biasa dilaksanakan pemerintah daerah Kabupaten Bandung pada setiap tahunnya. Saat ini dilaksanakan di wilayah Dapil 1, dan kebetulan di Masjid Ashobarna Desa Jatisari,” kata Bupati Bandung.

Menurut Dadang Supriatna, pelaksanaan tarling ini sekaligus monitoring untuk melihat langsung perkembangan di lapangan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi, sehingga pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 lalu berlangsung aman dan kondusif,” katanya.

“Siapapun nanti yang jadi Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten adalah yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara,” katanya lagi.

Dadang berharap masyarakat dapat sama-sama membangun Kabupaten Bandung. “Apalagi dengan adanya 13 program prioritas, pertumbuhan ekonomi berharap semakin meningkat di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, mengungkapkan bahwa selama kepemimpinannya di Kabupaten Bandung telah meraih 305 penghargaan dari mulai tingkat provinsi hingga pusat, dan hari ini (Kamis, 14/3/2024) bakal menerima lagi penghargaan dari MenPAN-RB.

“Penghargaan yang akan diterima ini kategori kepala daerah yang peduli PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Artinya, tenaga honorer diangkat jadi PPPK,” sebut Kang DS.

Ia berharap dengan banyak penghargaan yang diterima itu, para ASN tetap kompak dan siap Bedas dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS).

Pada kesempatan itu Kang DS juga mengungkapkan akan memberikan bantuan Rp50 juta untuk pemasangan paving blok halaman Masjid Ashobarna.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kabupaten Bandung KH. Yayan Hasuna Hudaya mengatakan bahwa pihaknya dari unsur ulama dengan kepala pemerintahan atau kepala daerah tidak bisa dipisahkan. “Harus sareundek saigel, sabobot sapihanean. MUI itu independen, dan bersama-sama dengan pemerintah membina umat,” katanya.

Menurut KH. Yayan, bulan suci Ramadan ini merupakan bulan yang sangat istimewa. Siapa yang berbuat baik di bulan Ramadan, pahalanya dibedakan oleh Allah SWT dari bulan-bulan lainnya. Misalnya, satu kebaikan dengan pahala lebih dari 10 kali lipat. Mulai dari melaksanakan salat, shodaqoh, baca Alquran dan lainnya.

Kebaikan di bulan Ramadan, lanjut KH. Yayan, sudah disiapkan pahalanya oleh Allah SWT. Juga keistimewaan di bulan Ramadan, doa akan dikabul oleh Allah SWT. Dosa pun akan diampuni.

“Ramadan merupakan penghapus dosa. Dirindukan surga, bagi orang yang baca Alquran, memberikan shodaqoh kepada orang yang lapar dan orang yang berpuasa di bulan Ramadan,” katanya.

Lily Setiadarma