Beri Kuliah Umum di STISIP Widyapuri Mandiri, Wabup Sukabumi Ajak Mahasiswa Berkolaborasi untuk Tegak Lurusnya Demokrasi

Wabup Sukabumi Iyos Somantri saat menjadi narasumber dalam kuliah umum yang digagas Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi di GOR Pemuda Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (13/5/2024).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri mengajak akademisi dan mahasiswa untuk berkolaborasi dalam hal pemerintahan, pembangunan, hingga kemasyarakatan.

“Kami ingin mahasiswa bisa lebih cermat dan paham daerahnya,” ujar Iyos saat menjadi narasumber dalam kuliah umum yang digagas Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi di GOR Pemuda Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (13/5/2024).

Melalui kegiatan dalam rangka Anniversary VII Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan itu, Iyos juga mengajak mahasiswa untuk menjadi corong republik. Hal itu agar penyelenggaraan pemerintahan sesuai rel dan koridor.

“Suara rakyat harus dikedepankan. Tugas kita harus meluruskan agar roda pemerintahan atau demokrasi on the track dan sesuai aturan,” ucapnya.

Apalagi, kata Iyos, akademisi yang di dalamnya ada mahasiswa merupakan bagian dari pentahelix bersama dengan pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, dan media. “Jadi mari kita bersama-sama berkolaborasi untuk tegak lurusnya demokrasi,” ajak Wabup.

Menurut Iyos, salah satu hal yang dapat dilakukan di Kabupaten Sukabumi ini adalah meningkatkan potensi daerah. Apalagi Kabupaten Sukabumi sangat kaya akan sumber daya alam, baik dari gunung, rimba, laut, pantai, sungai, dan seni-budaya.

“Kolaborasi ini harus terus digalang demi kemajuan. Semua harus merasa memiliki dan terlibat. Apalagi di tengah bonus demografi di Kabupaten Sukabumi,” kata Iyos.

Sementara itu, Ketua STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi, Kantirina Rachaju, mengajak mahasiswa untuk terus merawat demokrasi ini.

“Marilah sebagai insan akademik untuk merawat demokrasi agar lebih baik,” ujarnya.

Ujang S. Chandra