Lepas 432 Calhaj Kloter 14, Sekda Kabupaten Sukabumi Sebut Para Calhaj Sebagai Orang Terpilih untuk Beribadah di Tanah Suci

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, saat melepas calhaj Kloter 14 asal Kabupaten Sukabumi di Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai), Kecamatan Cikembar, Jumat (17/5/2024) malam.

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, melepas 432 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sukabumi untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah, di Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai), Kecamatan Cikembar, Jumat (17/5/2024) malam.

Para calhaj dari Kloter 14 Kabupaten Sukabumi itu terdiri dari dari 197 laki-laki dan 235 perempuan. Keberangkatan mereka akan didampingi 8 petugas haji.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, keberangkatan haji merupakan momen yang ditunggu-tunggu semua orang. Maka dari itu, para calhaj yang berangkat kali ini harus bersyukur. Sebab mereka menjadi orang-orang terpilih untuk beribadah ke Tanah Suci Mekah.

“Bapak/Ibu merupakan orang-orang terpilih untuk melaksanakan ibadah haji. Sedari sekarang mari luruskan niat untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sebaik-baiknya,” ajak Sekda.

Ia pun pun berpesan agar para calhaj bisa menjadi duta daerah yang baik, serta saling menghormati antarsesama calhaj dan tampil sebagai sosok yang santun. “Selama di Tanah Suci, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, dan kebersamaan,” ucapnya.

Hal yang tak boleh dilupakan, tambah Ade, ialah kesehatan. “Jaga kesehatan dengan sebaik-sebaiknya. Karena cuaca di Tanah Suci relatif panas,” pesan Sekda Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sukabumi H. Abdul Manan, menyebutkan calhaj Kloter 14 asal Kabupaten Sukabumi didominasi perempuan, dengan rentang usia 19-87 tahun.

“Paling muda calhaj perempuan berusia 19 tahun asal Kecamatan Sukabumi, dan yang tertua berusia 87 tahun,” ujar Abdul Manan.

Ujang S. Chandra