Lepas 336 Calhaj, Pj. Wali Kota Sukabumi: Luruskan Niat untuk Ibadah Haji

Penjabat (Pj.) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, saat melepas 336 calhaj Kota Sukabumi di Gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Kota Sukabumi, Senin (27/5/2024).

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Penjabat (Pj.) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, melepas 336 calon haji (calhaj) Kota Sukabumi di Gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Kota Sukabumi, Senin (27/5/2024).

Hadir dalam pelepasan jemaah calhaj menuju Embarkasi Bekasi itu, unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi, Samsul Puad.

Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan kepada para calhaj untuk menunaikan rukun Islam ke-5. “Semoga perjalanan dan ibadah haji ini berjalan lancar dan dapat kembali ke Kota Sukabumi dengan predikat haji mabrur,” ujarnya.

Kusmana berpesan kepada para calhaj agar meluruskan niat dalam rangkaian ibadah haji, saling membantu antar jemaah, dan menjaga kesehatan karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

“Petugas haji agar memberikan pendampingan terbaik kepada para jamaah haji,” pintanya.

Ia juga berpesan kepada ketua rombongan untuk selalu menjaga dan mengingatkan anggotanya. “Di sana harus saling menghargai satu sama lain. Calon haji harus mematuhi para petugas,” tegas Pj. Wali Kota Sukabumi.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad, menyampaikan bahwa jumlah calhaj Kota Sukabumi tahun ini sebanyak 336 orang, ditambah 1 orang dari KBRI. Total keberangkatan dari Kota Sukabumi, termasuk petugas, adalah 374 orang.

“Keberangkatan para calhaj Kota Sukabumi ke Tanah Suci ini akan dilaksanakan pada Selasa, 28 Mei 2024,” ujar Samsul Puad.

Ia berpesan kepada para calhaj untuk menjaga kebersamaan dan selalu berkomunikasi dengan petugas jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan.

“Dengan tertibnya rangkaian manasik haji, do’akan agar daftar tunggu haji di Kota Sukabumi yang mencapai 21 tahun ini dapat segera teratasi,” harap Puas seraya menambahkan calhaj termuda berusia 22 tahun dan tertua berusia 85 tahun.

Bunda