SDN Benteng 2 Kota Sukabumi Menggelar Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Kelas VI Tahun Ajaran 2023/2024

Siswa-siswi SDN Benteng 2 sedang menampilkan tari-tarian dalam acara kenaikan kelas dan perpisahan kelas VI di halaman SDN setempat.

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Dengan mengusung tema “Budaya adalah Identitas Kita, Lestarikan dan Banggakan”, SDN Benteng 2, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, menggelar acara Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Kelas VI Tahun Ajaran 2023/2024 di halaman SDN setempat, Selasa (25/6/2024).

Dalam acara tersebut hadir Pengawas SD, Nurkilah, M.Pd., mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi, perwakilan dari Polres setempat, Pemerintah Kecamatan Warudoyong, kelurahan, Babinsa, para orang tua siswa dan para siswa SDN Benteng 2 yang berjumlah 450 orang.

Kepala SDN Benteng 2, Ade Sukandi, S.Pd., menjelaskan dari 450 siswa SD tersebut, sebanyak 83 orang merupakan siswa kelas VI. “Alhandulillah semua siswa kelas VI lulus,” ujar Ade Sukandi kepada Wartaparahyangan.com di sela-sela acara tersebut.

Tahun ini, lanjut Ade, perayaan kenaikan kelas I-V dan pelepasan siswa kelas VI itu dimeriahkan pentas seni hasil kreasi siswa sesuai P5, dan lebih menonjolkan kreasi budaya lokal atau budaya Sunda.

Para siswa antara lain menampilkan pantomim, Tari Piring, paduan suara, Tari Bis Sekolah, Tari Daun Lulus, Tari Kuy Hijrah, Tari Tembang Suling, Tari Kir Kir, Tari Guruku Tersayang, Tari Madlay Nusantara Indonesia Timur, Tari Pelajar Pancasila, Tari Petani, Solo Vocal Terimakasih Guruku, Tari Merak, dan Tari Ragam Nusantara.

Ade berharap semua siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di SDN tersebut semuanya dapat melanjutkan ke SMP/sederajat demi masa depan mereka sendiri. Sedangkan kepada para siswanya yang naik kelas, diharapkan mereka lebih semangat lagi untuk belajar, serta berupaya bisa mengukir prestasi.

Karena memang SDN Benteng 2 selama ini banyak meraih prestasi, misalnya du tingkat Kecamatan Warudoyong, ada siswanya yang meraih Juara 1 Kaligrafi dalam PLS2N, Juara 1 Pidato Bahasa Sunda dan PAI, Juara 1, 2, dan 3;Mendongeng Sunda dan PAI, Juara 1 dan 3 MTQ, Juara 3 Praktek Adzan, Juara 3 Olimpiade IPA, Juara 2 Story Telling.

Pengawas SD dari Disdikbud Kota Sukabumi, Nurkilah (tengah) dan Kepala SDN Benteng 2, Ade Sukandi (kiri) berfoto bersama di acara kenaikan kelas dan perpisahan kelas VI SDN setempat.

Selain itu, juga meraih Juara 3 Aksara Sunda, Juara 2 Dongeng, Juara 3 Barongan, Juara 3 Seni Karya, Juara Pantomim, Juara 1 dan 2 Renang O2SN, dan Juara 3 Penca Silat.

“Dalam kejuaraan Pentas PAI, ada salah seorang siswa kami yang berhasil meraih kejuaraan di tingkat Kota Sukabumi dan sekarang menjadi wakil Kota Sukabumi dalam kegiatan serupa di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 Juni di Bandung,” kata Ade.

Salah seorang guru SDN Benteng 2, Arsiti Nurjanah, S.Pd., menambahkan, pentas seni dalam acara kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas VI itu, bukan hanya dapat mengembangkan bakat dan potensi siswa, tapi juga memotivasi para guru untuk berkreasi dan berkarya yang sesuai dengan P5.

“Mudah-mudahan acara pentas seni ini akan mendorong para guru lebih kreatif lagi dalam memotivasi siswanya, dan lebih berinovasi dalam menampilkan gelar karyanya,” harap Arsiti Nurjanah.

Jenal