Hadiri Pelantikan Pengurus MWC NU Kecamatan Baleendah, Kang DS: Umat Islam Harus Bangkit

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna mengatakan umat Islam harus sejahtera, umat Islam jangan diam, dan saatnya umat Islam harus bangkit.

Hal itu disampaikan Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna pada Pelantikan Pengurus MWC NU Kecamatan Baleendah, yang dirangkai Santunan dan Tabligh Akbar di Lapangan Sektor 7 Citarum Kampung Penclut, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/7/2024) malam.

Kang DS juga mengajak dimomen Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah ini untuk bersama-sama berdo’a agar diberikan kesehatan, usia panjang dan berkah, serta dijadikan keluarga yang mawadah warohmah oleh Allah SWT.

Ia mengungkapkan sejarah Nabi Muhammad SAW saat hijriah dari Mekkah ke Madinah karena dalam kondisi kekacauan. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW itu untuk menyebarkan agama Islam.

“Saya sudah menelaah, antara Pancasila, UUD 1945, bahasa Sunda dan Al-Qur’an, ternyata Pancasila dan bahasa Sunda itu implementasi dari Al-Qur’an,” katanya.

Sebab, kata Kang DS, Allah SWT menurunkan Nabi Muhammad SAW dalam rangka menyempurnakan akhlak.

“Hari ini kondisi negara kita sedang tidak baik. Ada fenomena yang mengkhawatirkan diluar dugaan, seorang istri membakar suaminya gara-gara judi online dan gajinya tidak diberikan kepada istrinya. Ada juga anak membunuh ibunya karena gara-gara tidak dibelikan motor. Ada juga kejadian suami memutilasi istrinya. Inilah kondisi hari ini kita tidak boleh diam,” tuturnya.

Karena itulah begitu dilantik menjadi Bupati Bandung tiga tahun lalu, Kang DS meluncurkan program muatan lokal di sekolah-sekolah mulai TK, SD hingga SMP di Kabupaten Bandung.

“Jadi para siswa diwajibkan mempelajari pendidikan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan bahasa dan budaya Sunda, dan belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an. Tujuannya untuk membentuk anak-anak kita yang berkarakter dan berakhlak mulia, dan tolok ukurnya adalah agama,” tuturnya.

Kang DS menyebutkan salah satu yang menyebarkan agama Islam adalah Nahdlatul Ulama dan lainnya. Syiar agama harus terus dilakukan, jangan sampai berhenti.

Ia juga memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak yatim piatu. Jangan berkecil hati, karena milik seseorang tidak pernah tahu. Bagi Allah SWT adalah kun fayakun.

“Tingkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Salah satu ciri untuk meningkatkan keimanan, menyatakan pada diri kita bahwa Allah SWT adalah Pangeran kita semua. Yakinkan dalam diri kita, bahwa Allah SWT adalah maha segalanya,” ujarnya.

Kang DS pun mengingatkan jangan sombong bagi orang yang sudah punya jabatan, gelar, sudah kaya. “Ayo kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ajak Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung ini.

Pada kesempatan itu Kang DS kembali mensosialisasikan Pilkada Kabupaten Bandung pada 27 November 2024 mendatang.

Nanti pada pemungutan suara di Kabupaten Bandung, kata Kang DS, ada dua surat suara, pertama untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, dan kedua untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bandung.

“Insya Allah, saya siap melanjutkan kembali jadi bupati periode berikutnya,” ujar mantan anggota DPRD Jabar ini seraya berharap kegiatan yang juga diisi dengan pemberian santunan kepada anak yatim itu dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT.

Lily Setiadarma