Lepas Peserta 1st Someah Run 2024 RSUD Sayang Cianjur, Bupati Herman: Bagi yang tidak Mampu, Gratis Berobat di Rumah Sakit

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengungkapkan pada 2025 Kabupaten Cianjur akan menjadi kabupaten Universal Health Coverage (UHC), sehingga apabila ada masyarakat yang tidak mampu jatuh sakit, tidak memiliki BPJS tinggal datang ke rumah sakit dengan membawa KTP.

“Akan langsung dibuatkan BPJS, biaya rumah sakitnya akan digratiskan oleh pemerintah, khusus untuk masyarakat yang tidak mampu,” katanya.

Bupati Cianjur mengungkapkan hal itu saat melepas ribuan peserta 1st Someah Run 2024 RSUD Sayang Cianjur, di Lapang Pasir Munding, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Sabtu (10/8/2024).

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda Kabupaten Cianjur, H. Cecep S. Alamsyah, Dirut RSUD Sayang H. Irvan Nur Fauzi, para kepala OPD lingkup Pemkab Cianjur, mantan Wakil Bupati Cianjur yang juga mantan Dirut RSUD Sayang Cianjur, H. Suranto serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati juga menuturkan, untuk menjaga kesehatan masyarakat Cianjur, saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menyediakan program cek kesehatan (CEKAS). Program CEKAS ini bukan hanya untuk masyarakat yang sakit, melainkan untuk masyarakat yang sehat juga, dan CEKAS ini gratis untuk masyarakat Cianjur.

“Saya minta semua rumah sakit di Kabupaten Cianjur, baik itu RSUD Sayang, RSUD Cimacan, RSUD Pagelaran dan juga RSUD Sindangbarang, harus terus meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada masyarakat Cianjur. Bahkan saat ini RSUD Sayang sudah saya tugaskan untuk menjadi rumah sakit berstandar internasional,” tegas Herman.

Dalam kegiatan 1st Someah Run 2024 tersebut, Bupati bersama Dirut RSUD Sayang Cianjur membagikan hadiah kepada para juar. Untuk Juara Pelajar Putra dan Putri, Juara 1 Rp3 juta, Juara 2 Rp2 juta, dan Juara 3 Rp1 juta.

Untuk Juara Putra dan Putri, Juara 1 Rp5 juta, Juara 2 Rp3 juta, dan Juara 3 Rp2 juta. Selain itu juga ada hadiah doorprize gratis untuk peserta Someah Run 2024.

Asep R. Rasyid