Akan Dihadiri Ribuan Peserta, Milad Ke-1 UKA Group akan Dilaksanakan Akhir Agustus di Lapang Mangkalaya

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Salah satu organisasi di bawah naungan UKA Group adalah Yayasan KMI (Khadimul Muslimin Indonesia). Yayasan ini bersifat nirlaba atau organisasi non profit yang sumber dana utamanya dari sumbangan pihak anggota dan donatur, di mana para donatur yang telah menyumbang itu, tidak menuntut yayasan untuk mendapatkan imbal hasil atau berorientasi mencari keuntungan.

Semuanya demi kemajuan umat Islam. Di Kabupaten Sukabumi, Yayasan KMI telah membangun dan menyediakan fasilitas ibadah dan pendidikan sebanyak 716 unit bangunan. Di antaranya bangunan masjid, pondok pesantren, dan madrasah atau sekolah bagi masyarakat yang membutuhkannya. Dari pengurus 716 itulah yang telah menyatakan siap hadir diacara Milad ke-1 UKA Group di Lapang Mangkalaya.

Seperti yang dikatakan H.U. Kadarisman, Ketua UKA Group Sukabumi bahwa estimasi kehadiran peserta saat milad ke-1 UKA Group bisa mencapai 2 atau 3 ribuan orang. Bahkan mungkin lebih. “Misalkan yang hadir dari pengurus 716 DKM mesjid, santri pondok pesantren dan madrasah mengirimkan 3 orang utusan saja sudah mencapai 2.000 orang lebih. Belum masyarakat sekitar Desa Mangkalaya,“ kata H.U. Kadarisman, yang akrab dipanggil Ustadz Uka usai rapat persiapan Panitia Milad ke-1 UKA Group, di base camp UKA Group, Perum Mangkelnya Residence, Selasa lalu.

Saat pada Rabu, 30 Agustus 2023, Bupati Sukabumi mengukuhkan UKA Group.

Untuk mengatur kelancaran acara, lanjut Ustadz Uka, selain dari internal panitia, yaitu dari ABATASA Guard Centre (AGC), akan dibantu pula oleh pihak kepolisian Polres Sukabumi Kota dan Polsek Gunung Guruh, Kodim dan Koramil, Satpol PP, Pertahanan Sipil (Hansip) Desa Mangkalaya dan Desa Cibolang, dan tentunya dari pihak Dinas Perhubungan. “Insya Allah panitia akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” katanya

Diperkirakan, kata Ustadz Uka, ancar-ancar pelaksanaan Milad ke-1 UKA Group di Lapang Mangkalaya adalah Sabtu, 31 Agustus 2024. Selain acara syukuran Milad ke-1, juga memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79 dan sekaligus memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. “Acaranya dalam bentuk Tablig Akbar. Insya Allah kita akan mengundang ustadz kondang yang ternama sebagai penceramahnya. Untuk detail acaranya nanti akan kita bahas lagi oleh pihak panitia Milad,” terangnya.

Lebih jauh Ustad Uka menjelaskan bahwa acara Milad UKA Group ke-1 ini kebetulan berdekatan Pilkada Kabupaten Sukabumi. Kebetulan pula, salah satu bakal calon bupatinya adalah Asep Japar yang di UKA Group sebagai Dewan Penasehat di Yayasan KMI. “Yang jelas, acara Milad UKA Group ini bukan ajang kampanye. Tapi kami tidak menghindar apabila ada yang menuduh sebagai ajang kampanye,“ kata Ustadz Uka.

Seperti diketahui, pada Rabu, 30 Agustus 2023, di Basecamp UKA Group Perum Mangkalaya Residence Cisaat, saat itu Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengukuhkan Keluarga Besar UKA Group sekaligus menerima Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) Perumahan Mangkalaya Residence dari PT Catur Adidaya Mandiri menjadi asset Pemkab Sukabumi.

Sementara UKA Group itu terdiri dari (1) Yayasan Khodimil Muslimin Indonesia (Yayasan KMI), yang berkiprah untuk bidang sosial, pendidikan dan keagamaan, di antaranya sebagai divisi pembangunan mesjid, Mandi Cuci Kakus (MCK) umum, pembangunan penyediaan air bersih, pondok pesantren, nadrasah, dan bedah rumah untuk masyarakat miskin.

Kemudian, (2) PT Kalia Andalan Pinansial (PT KAP) sebagai divisi bidang Kesehatan penyedia kosmetik kecantikan dan bidang apotek (toko obat), (3) CV Kalia Utama Nusantara (CV KUN) sebagai divisi bidang konstruksi, konveksi dan penyedia bahan bangunan (toko matrial), (4) ABATASA Guard Centre (AGC) adalah divisi bidang pengamanan event, pengawalan/bodyguard, mediasi, security, dan bidang transportasi.

Ujang S. Chandra