Pilwakot Sukabumi 2024, Bapaslon Ayep Zaki-Bobi Maulana Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUD R. Syamsudin, SH

WartaParahyangan.com

KOTA SUKABUMI – Bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota-wakil wali kota Sukabumi, Ayep Zaki-Bobi Maulana, menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD R. Syamsudin, SH, Jum’at (30/8/2024).

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan setiap tahapan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwakot) Sukabumi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

Pemeriksaan kesehatan meliputi aspek utama, yaitu pemeriksaan fisik, kejiwaan, dan pemeriksaan penunjang. Setiap bakal calon diwajibkan menjalani serangkaian tes kesehatan di rumah sakit yang telah ditunjuk, dengan melibatkan 15 tim medis yang berkompeten dan independen.

Pemeriksaan fisik bertujuan untuk memastikan para calon memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk menjalankan tugas pemerintahan, sedangkan pemeriksaan penunjang merupakan bagian dari pemeriksaan medis yang dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit tertentu.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno menyampaikan, ada beberapa sistem pemeriksaan kesehatan untuk bapaslon Ayep Zaki-Bobi Maulana, yang harus dilalui secara menyeluruh, tidak ada yang terlewatkan.

“Alhamdulillah, di RSUD R. Syamsudin, SH, peralatan medisnya itu memang sudah lengkap dan teruji. Nah dari beberapa pemeriksaan kesehatan kemudian nanti diuji akan dilihat dari sisi yang bersangkutan dinyatakan layak atau tidaknya secara kesehatan,” ucap Imam Sutrisno.

Hal senada disampaikan Ketua Tim pemeriksa kesehatan, dr. M. Arjan Alfaris. “Pemeriksaan kesehatan bapaslon Ayep Zaki-Bobi Maulana, kemungkinan sebelum petang sudah selesai,” katanya.

Arjan menyebutkan untuk pemeriksaan fisik banyak hal yang akan diperiksa, sehingga membutuhkan waktu cukup lama. “Hasilnya nanti kita kita bahas dalam rapat pleno. Jadi keputusannya tidak diambil atas pendapat seseorang, tapi merupakan hasil keputusan tim pemeriksa kesehatan,” katanya.

Ayep Zaki (tengah) didampingi Bobi Maulana, saat memberikan keterangan kepada awak media setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSUD R. Syamsudin, SH, Kota Sukabumi, Jum’at (30/8/2024).

Sementara itu, bapaslon Ayep Zaki-Bobi Maulana menyampaikan apresiasinya atas pemeriksaan kesehatan oleh tim medis, sekalipun harus dilakukan seharian.

“Semua rangkaian pemeriksaan kesehatan memang dilakukan secara serius dan resmi. Kita berdua harus mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Ayep.

Ia bersyukur pemeriksaan kesehatan berjalan lancar, dan optimistis hasilnya baik. “Semua persyaratan telah kita selesaikan, termasuk pemeriksaan kesehatan ini,” katanya.

“Tinggal nunggu keputusan KPU Kota Sukabumi pada 23 September nanti. Selanjutnya kita gas vol sosialisasi, yang sebetulnya telah kita mulai sejak Mei dengan blusukan ke masyarakat,” katanya lagi.

Jenal