Berkat Program Insentif Guru Ngaji, Bupati Bandung Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna meraih penghargaan CNN Indonesia Award 2024 kategori “Outstanding in Religious Education Development” melalui implementasi program insentif bagi 17 ribu guru ngaji di Kabupaten Bandung.

Bupati dinilai berhasil membangun perekonomian dan memajukan daerah tanpa meninggalkan sisi spiritualitas masyarakatnya melalui implementasi program insentif guru ngaji dan penerapan pendidikan muatan lokal mengaji dan menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak SD dan SMP di Kabupaten Bandung.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kinerja positif Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam memajukan pembangunan spiritualitas masyarakat Kabupaten Bandung melalui program insentif bagi 17 ribu guru ngaji se-Kabupaten Bandung,” ujar host pembaca penghargaan CNN Indonesia Award 2024 di Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (17/9/2024) malam.

Dijelaskan, para penerima penghargaan ini sebelumnya telah melalui tahapan penilaian objektif dan kurasi ketat dari para dewan pakar CNN yang terdiri dari pakar di berbagai bidang pembangunan hingga jurnalis senior CNN Desy Anwar.

Kebijakan Dadang Supriatna mengalokasikan anggaran Rp109 miliar per tahun bagi 17 ribu guru ngaji di 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung berhasil mencapai target luar biasa. Hasilnya setelah tiga tahun berjalan, saat ini sudah 80 persen anak-anak bisa membaca Al-Qur’an dari awalnya hanya 15 persen.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku bersyukur memperoleh penghargaan tersebut. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan CNN Award ini. Ini adalah bukti bahwa program yang kami luncurkan mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak,” ujar Dadang usai menerima penghargaan itu.

Ia menyebut program pemberian insentif guru ngaji itu akan terus dilanjutkan karena sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama siswa SD dan SMP.

Selain mendapat insentif sebesar Rp350 ribu/bulan, 17 ribu guru ngaji di 31 kecamatan itu juga memperoleh fasilitas layanan BPJS yang dibayarkan gratis oleh Pemkab Bandung.

“Sebelum program ini diluncurkan, terus terang tidak banyak yang memperhatikan kesejahteraan para guru ngaji. Tapi mereka saat ini selain diperhatikan kesejahteraannya, juga memperoleh jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja serta kematian. Kami pemerintah daerah yang membayar preminya,” ungkap Dadang.

Lily Setiadarma